Gubernur Sumsel terima penghargaan dari KPU

id gubernur, alex noerdin

Gubernur Sumsel terima penghargaan dari KPU

Gubernur Sumsel Alex Noerdin terima penghargaan dari KPU pusat (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menerima penghargaan KPU Award 2014 dari Komisi Pemilihan Umum RI di Palembang, Selasa.

"Sebuah kehormatan atas penghargaan ini bukan hanya bagi gubernur, tapi juga untuk pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Selatan," kata

Alex Noerdin usai menerima anugrah KPU Award 2014 yang diserahkan oleh Ketua KPU Sumsel Aspahani.

Alex Noerdin mengungkapkan, penghargaan tersebut tak lepas dari KPU Sumsel yang dinilai sukses dalam melaksanakan pemilihan umum serta Pilpres 2014.

"Dalam hal ini Pemerintah Sumsel mendukung apapun yang dibutuhkan KPU dalam menyongsong pemilihan serentak di tahun 2015," katanya.

Di kesempatan yang sama Ketua KPU Sumsel Aspahani mengungkapkan, mekanisme penilaian dalam KPU award sendiri bersumber dari KPU Provinsi dan Kabupaten Kota di Sumsel.

KPU sumsel dan kabupaten/kota mengajukan tiga kepala daerah untuk dinominasikan dalam award ini.

Mereka yang terpilih adalah Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Wali Kota Pagaralam Ida Fitriani, dan Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari.

Nama-nama tersebut kemudian diusulkan ke KPU pusat untuk dilakukan penilaian.

"Penilaian khusus dilakukan oleh tim independen dan didukung oleh berbagai masukan baik secara nasional maupun provinsi," ungkapnya.

Kriteria penilaian dalam KPU Award di antaranya sejauh mana kepala daerah mendukung sosialisasi terkait pemilihan umum serta menginisiasi pertemuan dan dialog antara dua tim sukses dalam menyukseskan Pilkada di Sumsel.

"Selama ini dukungan Pemerintah Provinsi Sumsel sangatlah luar biasa dan cukup baik untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden," katanya.