Dewan Sumsel panggil pengusaha batu bara

id batubara, angkutan batubara

Dewan Sumsel panggil pengusaha batu bara

Pengusaha batu bara Sumsel (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi IV DPRD Sumatera Selatan akan memanggil pengusaha batu bara di provinsi itu, terkait dengan angkutan bahan tambang tersebut.

"Dalam waktu dekat ini kita akan panggil pengusaha batu bara," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, Yulius Mualana usai rapat dengan pihak Dinas Perhubungan di Palembang, Selasa.

Menurut dia, terkait dengan angkutan batu bara ini banyak laporan dari masyarakat dan memang sangat mengganggu bagi wargat terutama dari daerah.

"Karena itu kita akan panggil, ingin menanyakan mengenai jalan khusus angkutan batu bara apakah sudah selesai dibangun apa belum," katanya.

Ia menuturkan, sebagai anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan Kabupaten Lahat, Empatlawang dan Kota Pagaralam tentunya tahu persis mengenai angkutan batu bara yang mengganggu, karena menggunakan jalan umum.

Selain itu, kendaraan angkutan batu bara ini seharusnya tidak menggunakan bahan bakar minyak subsidi, tetapi memakai minyak perusahaan, ujarnya.

Karena itu, akan mereka bicarakan dengan pihak pengusaha batu bara awal tahun 2015, ujarnya.

Ia menyatakan, dari keterangan pihak Dinas Perhubungan Sumsel sendiri pada rapat dengan Komisi IV DPRD Sumatera Selatan menyampaikan kalau pembangunan dan perbaikan jalan khusus untuk angkutan batu bara itu sudah selesai.

"Sehubungan dengan hal itu akan kita lihat, kita cek dulu di lapangan," papar wakil rakyat tersebut.

Selain pengusaha angkutan batu bara, pihaknya juga akan memanggil pihak angkutan kayu yang melintas di jalan umum, apakah menyalahi aturan atau tidak. "Pengusaha atau sopir mobil kayu ini akan kami panggil juga dalam waktu dekat ini," katanya.