Pemkot siapkan dana ganti rugi lahan Musi IV

id musi iv, pembebasan lahan musi iv

Pemkot siapkan dana ganti rugi lahan Musi IV

Pembebasan lahan pembangunan jembatan Musi IV segera dilaksanakan (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang memastikan telah menyiapkan dana pendamping untuk ganti rugi lahan dan bangunan warga yang terkena proyek Jembatan Musi IV sebesar Rp10 miliar.

Dana tersebut, dialokasikan siap didistribusikan sebagai pendamping dari Pemprov Sumatera Selatan, kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Kota Palembang Darma Budhy, Selasa.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan pemasangan patok pada titik koordinat (trase) proyek Jembatan Musi IV di kawasan Seberang Ilir mulai dilaksanakan sebagai salah satu progres rencana pembangunan sarana penyeberangan itu.

Pematokan trase tersebut dilakukan untuk memastikan berapa luas wilayah yang akan digunakan untuk pembangunan sarana penyeberangan itu, tambahnya.

Ia mengakui, sampai kini memang baru dilakukan sebatas pematokan trase dan segera dilakukan pendataan dan negosiasi dengan warga yang terkena proyek, terkait pembangunan jembatan tersebut.

Hasil pemasangan patok lokasi jembatan tersebut sebanyak 39 orang warga pemilik lahan berhasil diinventarisir di kawasan Seberang Ilir, katanya.

Dia menjelaskan, pemasangan patok di kawasan Seberang Ulu juga telah dilakukan dan target sebelum akhir Desember pemasangan patok trase selesai.

Sesuai dengan ketentuan Kementerian Pekerjaan Umum jika pembebasan lahan telah mencapai 70 persen, maka segera dicairkan dana sebesar Rp90 miliar untuk proyek tersebut pada tahun 2015, ujarnya.

Budhy menambahkan, pihaknya optimistis tahun depan ganti rugi lahan selesai dan proyek tersebut dapat direalisasikan.

Dengan demikian, terjadi penambahan sarana penyeberangan di Kota Palembang guna mendukung mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, tambahnya.