Dewan usulkan Bulog bangun gudang besar

id dprd, dprd sumsel

Dewan usulkan Bulog bangun gudang besar

Budiarso Mashul (Foto Antarasumsel.com/13/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi II DPRD Sumatera Selatan mengusulkan supaya Bulog membangun gudang-gudang besar di provinsi itu untuk menampung beras petani.

"Pada pertemuan dengan Bulog Pusat di Jakarta kami mengusulkan ke Bulog untuk membangun gudang-gudang besar di Sumsel," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan, Budiarto Marsul di Palembang, Senin.

Menurut dia, kalau gudangnya ada di setiap daerah, maka petani akan lebih mudah untuk menjual hasil produksi mereka ke Bulog.

Pembangunan gudang-gudang besar itu terutama di daerah sentra produksi beras di Sumsel seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Musirawas, katanya.

Ia mengatakan, selain itu tujuan mereka berkunjung ke Bulog Pusat untuk melihat peran Bulog pada masa mendatang.

Sementara Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Basirun menyatakan, ketahanan stok beras di Perum Bulog Divre Sumatera Selatan sampai sekarang cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan.

Stok beras di Sumsel sekarang ini sebanyak 33.750 ton dengan kebutuhan 6.500 ton per bulan, sehingga cukup hampir enam bulan ke depan.