Stok beras Sumsel cukup sampai enam bulan

id beras, beras bulog

Stok beras Sumsel cukup sampai enam bulan

Kepala Badan Urusan Logistik Sumsel (Foto: antarasumsel.com/14/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketahanan stok beras di Perum Bulog Divre Sumatera Selatan sampai sekarang ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan.

"Stok beras untuk Sumsel aman atau cukup untuk memenuhi kebutuhan hampir enam bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Basirun di Palembang, Senin.

Menurut dia, stok beras di Sumsel sekarang ini sebanyak 33.750 ton dengan kebutuhan 6.500 ton per bulan, sehingga cukup hampir enam bulan ke depan.

Jadi, cukup aman stoknya termasuk untuk pengendalian harga di pasar, karena ada sedikit pergerakan kenaikan, katanya.

Ia mengatakan, untuk penyerapan beras di Sumsel pada 2014 terealisasi sebanyak 65.993 ton atau sekitar 51,56 persen dari target tahun ini.

"Target kita pada 2014 ini sebanyak 128 ribu ton, sedangkan yang terealisasi 65.993 ton," ujarnya.

Ia menuturkan, tidak tercapainya target tersebut penyebabnya, karena disparitas harga beras medium di pasar tidak pernah di bawah Rp7.500 per kilogram, sehingga petani maupun mitra Bulog menjual ke pasar.

Disparitas harga beras itu sudah terjadi mulai dari awal tahun 2014 sampai sekarang, karena itu pihaknya tidak melakukan pembelian beras lagi sekarang ini, jelasnya.

"Kita tidak melakukan pembelian beras lagi sejak Oktober lalu. Jadi tidak ada lagi yang masuk ke gudang Bulog sampai sekarang ini," katanya.