Normalisasi saluran air Palembang masih berlangsung

id saluran air, drainase palembang

Normalisasi saluran air Palembang masih berlangsung

Perbaikan saluran air (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Petugas Dinas PU Bina Marga dan PSDA Kota Palembang masih melakukan normalisasi terhadap sejumlah saluran air atau drainase di daerah itu, guna mengantisipasi genangan bahkan banjir ketika hujan.

"Perbaikan saluran air masih dilaksanakan mengingat sampai kini masih ditemukan sejumlah drainase yang tersumbat oleh sampah," kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Kota Palembang Darma Budhy, Minggu.

Menurut dia, sejumlah kawasan rawan banjir, seperti di Jalan R Sukamto dan Jalan Veteran masih dilakukan perbaikan drainase.

Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi genangan air yang kerap terjadi ketika hujan turun, tambahnya.

Ia meminta, warga untuk sama-sama mewaspadai 65 titik rawan banjir di ruas jalan dan pemukiman yang langganan tergenang ketika musim hujan.

Curah hujan yang tinggi dan Sungai Musi dalam keadaan pasang biasanya menjadi penyebab utama banjir, tetapi kondisi drainase juga menjadi penentu utama genangan air, katanya.

Dia menjelaskan, upaya normalisasi drainase itu diharapkan menjadi langkah tepat meminimalisir terjadinya genangan air.

Apalagi puluhan titik ruas jalan dan pemukimanan yang rawan banjir tersebut, seperti Jalan Angkatan 45, Jalan R Sukamto dan Kompleks Poligon dan kawasan Mataram Kertapati sampai kini belum sepenuhnya selesai normalisasi, ujarnya.