Legislator: ANTARA wajib pulihkan rasa ke-Indonesiaan

id antara, lkbn antara

Legislator: ANTARA wajib pulihkan rasa ke-Indonesiaan

Perum LKBN ANTARA (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Gorontalo (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi I DPR RI Elnino M. Husein Mohi mengatakan LKBN Antara, RRI dan TVRI wajib menjadi motor utama mengembalikan rasa keIndonesiaan sebagai perspektif bangsa ini.

"Sadar atau tidak disadari, perspektif masyarakat maupun pemerintah saat ini tidak lagi memiliki rasa keIndonesiaan. Dulu kita Indonesia banget, tapi sekarang lihat. Tayangan televisi kita saja terlalu Amerika," katanya saat berkunjung ke kantor Antara Biro Gorontalo, Jumat.

Indonesia, kata dia, memiliki karakter khas seperti gotong royong,  tapi menjadi cacat karena tak mampu menahan serbuan ideologi barat.

Menurutnya, kehadiran Kantor Berita ANTARA, RRI dan TVRI seharusnya menjadi modal kuat bagi negara untuk mengembalikan kepercayaan diri bangsa.

"Berita dari kantor berita negara lain beredar luas di Indonesia, bahkan dengan mudah mereka bisa ambil bagian di siaran televisi swasta. Maka Antara pun harus demikian," tambahnya.

Mengenai status ketiga lembaga tersebut, politisi Partai Gerindra itu memandang perlunya Antara, RRI dan TVRI tampil berjaringan dalam menyajikan berita-berita keIndonesiaan.

Ia optmistis, dengan pengaruh pemberitaan ketiga media massa tersebut, Indonesia akan memiliki posisi tawar yang kuat dalam berbagai bidang.

"DPR harus berdiskusi dengan eksekutif untuk memperkuat posisi ketiga lembaga ini. Bila ingin menyelamatkan Indonesia, ini adalah salah satu caranya," katanya.