Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel diganti

id bi, bank indonesia, kepala perwakilan bi, diganti, sertijab, serha terima jabatan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel diganti

Sertijab Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Selatan dari R.Mirmansyah kepada pejabat baru Ponco Wibowo. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Semua prestasi dan kemitraan yang dibangun pejabat lama tersebut harus dipelihara dengan baik dan ditingkatkan oleh pejabat baru...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan R.Mirmansyah diganti dengan pejabat baru Ponco Wibowo yang sebelumnya menjabat Deputy Kepala Perwakilan BI Wilayah IV Surabaya.

Serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan itu berlangsung di aula kantor perwakilan BI di Palembang, Jumat, dengan disaksikan Deputy Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah.

Dalam kesempatan itu, Halim Alamsyah mengharapkan, pejabat lama bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di tempat baru sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Risiko Bank Indonesia, dan pejabat baru dapat melanjutkan program yang telah berjalan dengan baik serta membuat terobosan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam masa kepemimpinan R.Mirmansyah telah membawa Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan menhambil peran penting dalam menjaga stabilitas inflasi dan sistem keuangan, pengembangan sektor riil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta menjaga kelancaran sistem pembayaran di provinsi ini.

Beberapa prestasi membanggakan yang pernah ditorehkan oleh kantor perwakilan BI di daerah ini yakni bersinergi dengan pemerintah daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam mengendalikan inflasi sehingga menjadi TPID terbaik untuk kawasan Sumatera.

Meningkatkan kualitas konsultan keuangan mitra bank (KKMB) melalui berbagai pelatihan dan koordinasi dengan dinas/instansi terkait sehingga KKMB Gerbang Serasan di Muara Enim menjadi salah satu KKMB terbaik tingkat nasional.

Membangun kemandirian petani padi organik di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sehingga salh satu petani binaannya atas nama Kodir, terpilih menjadi petani teladan tingkat nasional.

Senantiasa menjaga kelangsungan adat dan budaya Palembang, antara lain melalui pelatihan pembuatan kain tenun songket, sehingga R.Mirmansyah dianugerahi award sebagai tokoh pemerhati adat dan budaya nusantara oleh Sri Sultan Palembang Iskandar Mahmud Badaruddin.

Meningkatkan ketahanan pangan di Sumsel dengan melaksanakan klaster padi organik di OKU Timur, klaster bawang merah di Kabupaten Musirawas, dan budidaya bebek petelur di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Mendorong kewirausahaan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini dengan melaksanakan program Wira Usaha Bank Indonesia (WUBI) dan pelatihan tenaga kerja siap pakai.

Meningkatkan kualitas pendidikan di Sumsel melalui penyaluran beasiswa Bank Indonesia senilai Rp500 juta kepada 80 mahasiswa berprestasi di Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, serta menggiatkan gerakan nasional nontunai ke sejumlah sekolah dan perguruan tinggi.

Semua prestasi dan kemitraan yang dibangun pejabat lama tersebut harus dipelihara dengan baik dan ditingkatkan oleh pejabat baru Ponco Wibowo, sehingga berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serat inflasi yang terkendali di Sumsel, kata Deputy Gubernur Bank Indonesia itu.