POM ASEAN Palembang berlangsung sesuai jadwal

id pom, pom asean

POM ASEAN Palembang berlangsung sesuai jadwal

POM ASEAN di Palembang, 10-21 Desember 2014 (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

...Sebanyak 20 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POM ASEAN telah dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan, dan diharapkan dapat berakhir sukses...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Seluruh cabang olahraga ASEAN University Games (POM ASEAN) ke-17 di Palembang Sumatera Selatan, telah dipertandingkan dan diprediksi dapat selesai sesuai jadwal yang ditetapkan sebelum acara penutupan 21 Desember 2014.

"Sebanyak 20 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POM ASEAN telah dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan, dan diharapkan dapat berakhir sukses," kata Panitia Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (ASEAN University Games), Asdit Abdullah di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, sejak dibukanya POM ASEAN oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 10 Desember 2014, sesuai jadwal yang ditetapkan, 20 cabang olahraga secara bertahap dipertandingkan di kawasan kompleks pusat olahraga Jakabaring Palembang.

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event tersebut yakni sepak bola, sepak takraw, voli, wushu, taekwondo, karate, catur, tenis lapangan, panahan, tenis meja, voli pantai, bulu tangkis, futsal, atletik, renang, anggar, pencak silat, selam, bola basket, dan terakhir Kamis (18/12) mulai dipertandingkan cabang olahraga pentaque.

Sebagian cabang olahraga tersebut telah selesai dipertandingkan dan sebagian lagi dalam proses semi final dan final.

Berdasarkan evaluasi sementara ini pelaksanaan pertandingan dapat berjalan dengan baik, kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan sehingga bisa diselesaikan dengan baik dan ditutup secara meriah, katanya.

Berdasarkan data klasemen sementara, dari 20 cabang olahraga yang telah dipertandingkan tersebut, kontingen tuan rumah Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama menggeser Thailand ke peringkat dua.

Berdasarkan data yang dipublikasikan Pusat Informasi ASEAN University Games (AUG) ke-17 di Palembang, tim Indonesia berhasil menggeser posisi Thailand yang sebelumnya berada pada posisi puncak klasemen.

Tim Indonesia yang pada awal pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) itu sempat berada di peringkat pertama, namun digeser Thailand dan kini kembali direbut setelah mendulang 12 medali emas yang sebelumnya ditargetkan cukup memperoleh tiga medali emas untuk menggeser posisi negeri gajah putih itu.

Tim Indonesia berada pada puncak klasemen POM ASEAN dengan perolehan medali 44 emas, 57 perak, dan 34 perunggu, sedangkan Thailand turun peringkat ke nomor dua dengan perolehan medali (38 emas, 26 perak, 18 perunggu), dan peringkat ketiga tetap dipegang kontingen Malaysia dengan perolehan medali (29 emas, 26 perak, 39 perunggu).

Sementara kontingen Kamboja yang sebelumnya bersama Brunei Darussalam belum pernah menang dalam pertandingan event tersebut, kini berhasil meraih satu mdali perak.

Dengan keberhasilan Kamboja meraih medali medali perak, hingga hari kesembilan pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu, kontingen Brunei Darussalam satu-satunya peserta dari 11 negara yang belum berhasil meraih satupun medali dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Berikut ini perolehan medali dan peringkat sementara 11 negara peserta Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) 2014 :

Negara             Emas    Perak   Perunggu
1. Indonesia       44          57            34
2. Thailand        38          26            18
3. Malaysia        29          26            39
4. Vietnam         19            7              2
5. Filipina            8             8            11
6. Laos                5            8            11
7. Singapura        4             6            11
8. Myanmar         0             3           10
9. Kamboja          0             1             0
10. Timor Leste   0              0             1
11. Brunei            0              0             0