Kopertis berubah jadi L2Dikti

id kopertis, dikti, pendidikan tinggi, perguruan tinggi, diknas, dikbud

Makassar (ANTARA Sumsel) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis I sampai XIV) pada 2015 akan berubah menjadi Lembaga Layanan Dikti  (L2Dikti) dalam memenuhi amanah Undang-Undang  Pendidikan Tinggi dan perubahan nomenklatur Kementerian Pendidikan.

"Perubahan nama itu sekaligus cakupan kerjanya akan meluas juga karena akan melayani pendidikan tinggi swasta dan pendidikan tinggi negeri," kata Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dikti Prof Ir Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D, disela-sela Rapat Koordinasi Kopertis se-Indonesia di kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Makassar, Jumat.

Menurut dia, kehadiran L2Dikti di 14 kota provinsi se-Indonesia akan memberi ruang dan kesempatan luas bagi rektor perguruan tinggi negeri untuk tidak keseringan bolak-balik ke Jakarta bertemu menteri.

Dia mengatakan, urusan pengelolaan kampus PTN cukup diurus dan diselesaikan di masing-masing kantor L2Dikti.

Pelayan untuk stakeholder pendidikan tinggi yang akan didelegasikan ke L2Dikti, termasuk izin operasional kampus.        

"Kementerian baru bertekad untuk memberi pelayanan berkualitas dengan waktu sesingkat-singkatnya serta proses perizinan yang tidak bertele-tele," kata Hermawan.

Selain pelayanan penelitian pada pendidikan tinggi juga akan didelegasikan ke L2Dikti. Tahun anggaran 2015 pemerintah lewat kementerian Ristek dan Dikti mengalokasikan dana penelitian senilai Rp2 triliun.

Alokasi dana besar itu menjadi peluang bagi kampus dengan mempersiapkan tenaga dosen untuk aktif melakukan penelitian.

Hasil penelitian yang disiapkan dananya menurut Hermawan, harus ada hilirisasi riset serta hasil penelitian itu harus dipublikasikan pada jurnal akreditasi skala nasional dan internasional.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Andi Niartiningsih, MP selaku tuan rumah mengatakan, tujuan dari pertemuan rutin tiga bulanan ini, mendapatkan gambaran tentang potret penyelenggaraan perguruan tinggi, rencana pengembangan dosen, serta memperoleh gambaran perubahan institusi Kopertis menjadi L2Dikti.