Legislator: jalan TAA Sumsel mendesak diperbaiki

id jalan taa, mendesak diperbaiki

Legislator: jalan TAA Sumsel mendesak diperbaiki

Jalan menuju ke pelabuhan Tanjung Api-api perlu berbaikan (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jalan dari Palembang menuju kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan mendesak untuk segera diperbaiki, karena kondisinya sudah rusak parah, kata anggota DPRD Sumatera Selatan, H Arkoni.

"Jalan menuju kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api (TAA) yang kondisinya rusak parah itu mulai dari simpang Jalan Kolonel H Burlian Palembang sampai ke jembatan PU," kata Arkoni ketika ditanya masalah kerusakan tersebut di Palembang, Rabu.

"Jalan menuju pelabuhan laut TAA saat ini mendesak untuk segera diperbaiki, karena kondisinya sudah rusak parah," kata Arkoni yang berasal dari daerah pemilihan Kabupaten Banyuasin tersebut.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014 untuk perbaikan jalan TAA itu sudah dianggarkan dalam APBD tahun 2015.

Ia menilai, rusaknya jalan tersebut, karena banyaknya kendaraan berbadan lebar melintas di kawasan itu, seperti truk tronton yang mengangkut batu bara.

"Kendaraan yang melintas di jalan menuju pelabuhan laut itu muatannya melebihi kapasitas jalan, sehingga cepat rusak," ujar politisi Partai Hanura tersebut.

Sementara mengenai pembangunan pelabuhan laut TAA, ia berharap, dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kawasan itu beberapa hari lalu pembangunannya segera terwujud.

Apalagi, lanjutnya, TAA itu sudah ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus, berarti perlakuannya juga harus khusus.

Pelabuhan TAA itu bukan hanya berguna untuk masyarakat Banyuasin, Palembang dan Sumsel, tetapi untuk kegiatan ekspor dan impor, karena Sumatera Selatan memiliki kekayaan alam melimbah baik hasil tambang batu bara dan migas, maupun aneka komoditas perkebunan dan perikanan, katanya.