RAPBD Palembang 2015 diproyeksi Rp3,15 triliun

id palembang, rapbd palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Rancangan APBD Kota Palembang tahun 2015 diproyeksi sebesar Rp3,15 triliun atau lebih tinggi dari pendapatan yang hanya Rp3,07 triliun, sehingga kekurangannya akan diambil dari dana lain-lainnya.

"Defisit dana akan diambil dari piutang dan sisa lebih anggaran tahun 2014 serta mata anggaran lainnya yang jumlahnya mencapai Rp150 miliar atau mencukupi kekurangan biaya kebutuhan APBD tahun depan," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang M Zulfan, Selasa.

Menurut dia, kekurangan anggaran tersebut karena sampai kini total pendapatan untuk rancangan APBD hanya Rp3,07 triliun sedangkan alokasi belanja sebesar Rp3,15 triliun.

Dengan demikian, kekurangan dana dipastikan dapat tertutupi dengan estimasi nilai sebesar Rp150 miliar, tambahnya.

Ia mengatakan, RAPBD tersebut telah disahkan dalam sidang paripurna setelah melalui pembahasan yang mendetail.

Karena itu, diprediksi pada saat pelaksanaan anggaran akan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan, katanya.

Sementara Pelaksana tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo mengakui sampai proyeksi APBD tahun depan dana belanja tidak langsung masih lebih besar yaitu Rp1,7 triliun.

Sedangkan belanja langsung hanya Rp1,4 triliun, hal itu terjadi karena sampai kini dana untuk pembayaran gaji pegawai masih sangat besar, ujarnya.

Apalagi, RAPBD tahun 2015 juga telah memasuki tambahan gaji CPNS berasal dari honorer kategori dua yang segera dilantik sebanyak 789 orang.

Meskipun belum ada DAU tetapi pemkot harus menalangi pembayaran hak CPNS tersebut, tambahnya.***2***