DPR-RI: Pembangunan kawasan TAA jadi prioritas

id taa, pembangunan kawasan taa

DPR-RI: Pembangunan kawasan TAA jadi prioritas

Kawasan dermaga Tanjung Api Api kabupaten Banyuasin, Sumsel (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan proyek pembangunan di kawasan Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, akan menjadi prioritas DPR RI, karena itu sebagai areal pelabuhan laut penghubung ke semua wilayah termasuk Kepulauan Bangka-Belitung.

Ketua Komisi IV DPR RI Edy Prabowo usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan di Palembang, Selasa mengatakan, pelabuhan laut Tanjung Api-Api (TAA) telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, sehingga pembangunannya harus dipercepat.

Yang jelas, lanjut dia, mengenai lahan tidak menjadi masalah lagi sehingga perlu pembangunan infrastruktur.

Oleh karena itu pihaknya akan melaksanakan koordinasi dengan komisi lainnya terutama terkait pembangunan di kawasan Tanjung Api-Api Sumsel.

Memang, hal itu perlu dikoordinasikan dengan komisi lainnya supaya kucuran dana untuk Sumsel lebih besar.

Apalagi potensi Sumsel cukup besar mulai sektor pertambangan, perkebunan termasuk hasil perairannya sehingga produksinya perlu ditingkatkan lagi.

Ia mencontohkan, selama ini udang galah diekspor ke Jepang dan itu harus dimaksimalkan lagi termasuk hasil udang dan ikan dari Sumsel.

Begitu juga perkebunan harus diupayakan lebih maksimal sehingga Sumsel semakin maju dan berkembang untuk kemakmuran rakyat, kata dia.

Gubernur Sumsel mengatakan, memang Sumatera Selatan sekarang ini sudah menjadi perhatian masyarakat luar sehingga pembangunan perlu terus ditingkatkan.

Jadi melalui kehadiran DPR RI diharapkan pembangunan di Sumsel semakin cepat berkembang, katanya.