PKK Sumsel berantas peredaran narkoba dikalangan pelajar

id narkoba, pemberantasan narkoba

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim penggerak PKK terus berupaya ikut membantu memberantas peredaran narkotika dan obat berbahaya lainnya dikalangan pelajar dengan melaksanakan penyuluhan.

Pencegahan peredaran narkotika dan obat berbahaya lainnya (Narkoba) melalui penyuluhan itu dilaksanakan tim penggerak PKK bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Sumsel di Griya Agung Palembang, Selasa.

Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Ny Hj Eliza Alex mengatakan, pendidikan mengenai bahaya Narkoba bagi pelajar sudah seharusnya diberikan sejak dini untuk menghindarkan generasi penerus bangsa bahaya penyalahgunaan barang terlarang tersebut.

Apalagi sekarang ini peredaran Narkoba sudah mengkhawatirkan sehingga pencegahan harus dilaksanakan, ujar dia.

Bahkan, segala cara dilakukan para mafia Narkoba dalam mengedarkan barang tersebut dan anak SD pun diiming-imingi dengan permen dan coklat yang sudah mengandung zat berbahaya itu.

Memang, remaja paling mudah dipengaruhi teman, lingkungan sosial sehingga perlu memberikan pengertian akan bahaya Narkoba tersebut.

Dia berharap para remaja dapat menghindari Narkoba dengan melakukan berbagai kegiatan positif.

Dalam kesempatan itu dia mengajak kerja sama dengan segala pihak untuk menjadikan masyarakat bebas dari Narkoba,

Tenaga pengajar Fakultas Kedokteran Unsri Dr Mariatul Fadilah dalam sosialisasi bahaya Narkoba tersebut dengan cara mendongeng, sehingga para pelajar tidak merasa bosan.

Menurut dia, jangan pernah meminum air mineral bekas orang lain, selain itu tidak mudah menerima pemberian air dari seseorang yang belum dikenal.

Begitu juga untuk mengetahui air yang masih disegel itu dikasih suntikan atau tidak dengan cara memencetnya dan bila tidak ada yang keluar berarti aman, ujar dia menjawab pertanyaan pelajar tentang air apakah berisi Narkoba atau tidak.