Honorer K2 Palembang akan diresmikan hadi CPNS

id cpns, siap diresmikan

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pegawai honorer kategori dua atau K2 Pemkot Palembang yang telah dinyatakan lulus tes dan terverifikasi siap diresmikan jadi Calon Pegawai Negeri Sipil dijadwalkan, Senin (15/12) di Plaza Benteng Kuto Besak.

"Sebanyak 789 orang honorer K2 akan diresmikan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah dinyatakan lulus tes dan telah diverifikasi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Palembang Kurniawan, Senin.

Menurut dia, peresmian CPNS tersebut dilakukan secara sederhana dan di area terbuka untuk menghemat anggaran.

Hal itu, dilakukan sesuai instruksi dari pemerintah pusat untuk tidak menggunakan fasilitas mewah dalam setiap kegiatan pemerintah, tambahnya.

Ia mengatakan, dari sebanyak 789 orang CPNS dari honorer K2 tersebut mayoritas merupakan guru sekolah dasar, SMP dan SMA.

Selain itu, juga dilantik tenaga teknis lainnya di satuan kerja perangkat daerah lingkungan pemkot setempat, katanya.

Dia menjelaskan, semestinya sebanyak 815 orang CPNS dari honorer K2 yang akan diresmikan.

Namun sampai kini sebanyak 26 orang masih dalam proses verifikasi lebih lanjut oleh Badan Kepegawaian Nasional sehingga belum dipastikan kapan akan diresmikan, ujarnya.

Sementara Pelaksana tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo menambahkan, pelantikan terhadap ratusan CPNS tersebut tentu akan menambah besar biaya belanja tidak langsung pemkot setempat.

Karenanya, APBD tahun 2015 tentu akan diajukan penambahan dana alokasi umum kepada pemerintah pusat untuk membayar gaji dan beragam tunjangan pegawai baru sesuai dengan aturan berlaku, tambahnya.

Harno mengatakan, peresmian CPNS tersebut tentu dilakukan secara sederhana sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Selama ini, pemkot juga telah melakukan efisiensi terhadap semua pengeluaran di dinas dan instansi di lingkungan pemerintah setempat, kata dia.