Medco Energi raih Proper Emas empat tahun berturut-turut

id medco, proper emas, proper hijau, lingkungan hidup

Medco Energi raih Proper Emas empat tahun berturut-turut

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Proper Emas kepada Direktur Operasional Medco Energi, Frila Yaman pada Malam Anugerah Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Selasa (2/12) malam (Antarasumsel.com/Foto Dok Medco)

....Pencapaian ini merupakan pengakuan nyata atas komitmen perseroan yang selalu menjalankan kegiatan bisnis dengan etika dan standar lingkungan tertinggi....
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Medco E&P Indonesia menjadikan tahun 2014 sebagai tahun prestasi karena kembali meraih "Proper Emas" yaitu penghargaan tertinggi pengelolaan lingkungan dan sosial khususnya di area operasi Blok Rimau, Sumatera Selatan.

Dalam siaran pers PT Medco Energi Internasional Tbk yang diterima Antarasumsel.com di Palembang, Jumat, menyebutkan, penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini merupakan yang keempat kali diraih PT Medco E & P Indonesia atau berturut-turut sejak tahun 2011 hingga 2014.

"Ini adalah tahun keempat Medco Energi menerima Proper Emas dan merupakan perusahaan migas pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mampu meraih penghargaan tersebut," katanya.

PT Medco E & P Indonesia sebagai anak perusahaan Medco Energi Internasional Tbk ini, juga merupakan satu-satunya di antara beragam industri yang menerapkan pengelolaan lingkungan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan melampaui kepatuhan (beyond compliance).
    
Medco Energi pada 2014 bangga dan menjadi tahun prestasi bahwa tiga blok operasi lainnya juga meraih Proper Hijau atau satu peringkat di bawah proper emas, di antaranya Blok South Sumatra untuk tahun ke-lima berturut-turut, Blok Lematang untuk kedua kalinya dan Blok Kampar juga untukke-lima kalinya berturut-turut.

Penghargaan Proper yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Malam Anugerah Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Medco di Jakarta, 2 Desember 2014 setelah melalui serangkaian tahapan penilaian dan beberapa kunjungan lapangan.
 
Seluruh tahapan penilaian ini dilakukan oleh tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup Daerah, serta perwakilan beberapa universitas.

"Pencapaian ini merupakan pengakuan nyata atas komitmen perseroan yang selalu menjalankan  kegiatan bisnis dengan etika dan standar lingkungan tertinggi. Program yang kami jalankan adalah wujud nyata kepedulian yang tinggi dan upaya keras terhadap kelestarian lingkungan hidup serta pemberdayaan masyarakat lokal. Di antaranya, penghijauan area operasi, pengolahan limbah domestik, pengembangan tanaman padi sri organik, tanaman organik, dan pemberdayaan para ibu dengan kebun tanaman obat," ujar Direktur Operasi Medco Energi yang juga menjabat sebagai PresidenDirektur Medco E&P, Frila Yaman.

Sementara itu, Direktur Utama & CEO Medco Energi  Lukman Mahfoedz mengatakan, perolehan ini mengukuhkan Medco Energi sebagai perusahaan migas swasta nasional (PMSN) memimpin industri minyak dan gas bumi khususnya dalam bidang lingkungan dan sosial.

"Dengan keberhasilan ini, serta didukung oleh keahlian dan pengalaman Medco yang panjang dan terbukti dalam mengelola lapangan migas, perseroan berharap pemerintah bisa memberikan banyak kesempatan kepada Medco Energi untuk dapat mengoperasikan blok-blok eksplorasi dan produksi yang akan berakhir masa kontraknya di Indonesia," katanya.

Medco Energi adalah perusahaan publik energi terpadu dengan fokus pada kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi ini memiliki operasi di Indonesia, termasuk di antaranya sembilan blok minyak dan gas, memelihara hak kepemilikan di satu blok yang dioperasikan oleh mitra kerja, dan memiliki partisipasi ekonomi di sebuah lapangan eksplorasi.  

Sedangkan di luar negeri, Medco Energi beroperasi di Libya, Oman, Papua Nugini, Tunisia, Yaman dan Teluk Meksiko di AmerikaSerikat. Selain itu, juga mengoperasikan beberapa pembangkit listrik tenaga gas dan uap untuk memasok listrik bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN), juga memiliki unit usaha pertambangan batu bara serta distribusi gas.  (T.I016)