Pemkab Muba galakkan kegiatan menanam pohon

id bupati muba, galakkan menanam pohon, pohon enghijauan, tanam pohon

Pemkab Muba galakkan kegiatan menanam pohon

Bupati Muba Pahri Azhari menanam pohon wujudkan Kabupaten Hijau. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Sebagai upaya menjadikan Bumi Serasan Sekate sebagai Kabupaten Hijau, masyarakat diajak menanam 1.000 pohon di setiap kecamatan...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menggalakkan kegiatan menanam pohon untuk menjadikan "Bumi Serasan Sekate" itu sebagai Kabupaten Hijau.

"Sebagai upaya menjadikan Bumi Serasan Sekate sebagai Kabupaten Hijau, masyarakat diajak menanam 1.000 pohon di setiap kecamatan," kata Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, kegiatan menanam pohon yang selama ini sifatnya imbauan, mulai tahun 2015, pihaknya akan membuat aturan yang mewajibkan setiap kecamatan menanam 1.000 pohon dengan jenis berbeda.

Pohon yang diwajibkan ditanam masyarakat merupakan pohon yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dan penghijauan saja, tetapi juga bisa memberikan manfaat seperti pohon buah-buahan yang hasilnya bisa dipetik dan dinikmati oleh masyarakat yang menanamnya.

"Kita berharap dengan program menanam 1.000 pohon setiap kecamatan mampu menambah keasrian dan manjadikan Kabupaten Muba sebagai Kabupaten Hijau dan penghasil buah-buahan terbesar di Provinsi Sumsel yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk menggalakkan masyarakat menanam pohon, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Muba diimbau untuk meningkatkan program bantuan bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat.

Selain itu, diharapkan pula partisipasi dari perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten ini untuk membantu menyediakan bibit pohon dan aktif melakukan kegiatan menanam pohon bersama masyarakat di sekitar lingkungan permukiman penduduk serta perkantoran instansi pemerintah dan swasta, katanya.

Sebelumnya, Bupati Muba Pahri Azhari didampingi Ketua TP PKK Lucianty bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (SKPD) dan SKPD Jajaran Pemkab Muba, melakukan penanaman pohon dan buah-buahan bersama pada acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2014, dan Bulan Menanam Pohon yang dipusatkan di Kecamatan Keluang, Selasa (2/12).

Selain melakukan penanaman pohon, pada kesempatan itu Bupati Muba juga menggelar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dan Gerakan Minum Susu bersama 1.000 anak, serta pencanangan Bulan Bakti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).