Pemprov Sumsel gencar lestarikan lingkungan

id penghijauan, pelestarian lingkungan

Pemprov Sumsel gencar lestarikan lingkungan

Kawasan hijau (Foto Antarasumsel.com/Awi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus gencar melestarikan lingkungan dengan melakukan penghijauan di kabupaten dan kota termasuk di kawasan daerah rawan longsor.

Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel Ruslan Bahri di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya terus melakukan penghijauan dalam mendukung program pelestarian lingkungan.

Bahkan, pihaknya akan melakukan penghijauan secara serentak yang pelaksanaannya dipusatkan di Kabupaten Banyuasin.

Lebih lanjut dia mengatakan, program penanaman satu miliar pohon di Banyuasin itu sebagai puncak dukungan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional 2014.

Yang jelas, melalui penanaman pohon dapat menjaga lingkungan sekitarnya sekaligus menjadi solusi dalam perubahan iklim.

Selain itu, perlu dilaksanakan edukasi dan sosialisasi dalam pelestarian lingkungan, supaya masyarakat akan menyadari dan mengubah gaya hidup mereka secara suka rela menuju kehidupan yang ramah lingkungan.

Apalagi masyarakat di daerah rawan bencana alam tanah longsor dan banjir dapat memberikan kesaksian terhadap dampak perubahan iklim, sehingga penghijauan sangat diperlukan.

Menurut dia, sehubungan itu semua pihak harus menyadari arti penting kelestarian lingkungan hidup, lingkungan yang bersih, baik dan asri.

Hal ini karena lingkungan hidup akan baik apabila masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha melestarikan lingkungan melalui penghijauan.

Yang jelas, mejaga lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama terutama dalam pengalihan fungsi lahan, dan jangan sampai semakin berkurangnya ruang lingkup tumbuh-tumbuhan serta hutan kota sebagai peresapan air, katanya.