Pengendara sepeda motor wajib gunakan helm SNI

id polre, pengendara sepeda motor wajib gunakan helm sni

Pengendara sepeda motor wajib gunakan helm SNI

Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Satuan Lalu Lintas Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan terus melaksanakan gelar operasi Zebra 2014. Operasi Zebra kali ini lebih menekankan pada tindak pencegahan serta imbauan kepada masyarakat pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm Standar Nasional Indonesia.

Salah satunya dengn melakukan pemasangan spanduk di beberapa sudut jalan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang bertuliskan penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara roda dua, kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Mulyadi di dampingi Kasat Lantas, AKP M Yakin di Baturaja, Selasa.

Menurut Kapolres, gelar operasi Zebra ini akan dilaksanakan selama 14 hari mulai 26 November dan akan berakhir hingga 9 Desember 2014.

"Selama gelar operasi Zebra ini, pihaknya akan menurunkan semua personel Satlantas untuk melakukan razia rutin di beberapa titik jalan. Razia tersebut selain ditujukan untuk para pengendara roda dua, maupun roda empat atau mobil termasuk jenis mobil angkutan besar lewat jalan lintas sumatera Kota Baturaja," katanya.

Menurut dia, razia rutin akan digelar selama 14 hari dilakukan di beberapa titik lokasi, salah satunya di depan RSUD Ibnu Sutowo yang tujuannya untuk mewujudkan kondisi Kota Baturaja aman dan kondusif, terutama sebagai pengguna jalan raya di daerah ini.

Dikatakannya, kalau titik perhatian pihaknya selama operasi Zebra tetap memfokuskan pada kelengkapan surat dan kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, serta upaya mematuhi setiap aturan lalulintas sesuai aturan UU Lalulintas dan Angkutan Jalan.

"Dalam operasi Zebra ini, yang menjadi titik berat dan fokus kita adalah tentang kelengkapan kendaraan, baik roda dua dan roda empat, termasuk kelengkapan surat sebagai pengendara," ungkapnya.

Sementara Kanit Dikyasa, Ipda Lisa menambahkan, selain kegiatan penindakan, dalam gelaran operasi Zebra 2014 ini, pihaknya juga menekankan pada kegiatan imbauan berupa pemasangan spanduk bertuliskan penggunaan helm SNI kepada para pengendara kendaraan bermotor roda dua.

Dimana dengan pemasangan spanduk tersebut ditekankan agar pengendara roda dua selalu menggunakan helm SNI baik bagi pengendara maupun yang dibonceng.

"Kita juga memasang spanduk tentang penggunaan helm SNI di beberapa titik lokasi jalan. Salah satunya kita pasang di depan pos polisi Pasar Atas Baturaja," ujarnya.