BP3M Muba terapkan sistem perizinan elektronik

id muba, bp3m muba, sistem pelayanan perizinan elektonik, online, perizinan investasi, investasi

BP3M Muba terapkan sistem perizinan elektronik

BP3M Muba terapkan sistem pelayanan perizinan elektronik. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Sekarang ini telah disiapkan SPIPISE, pada Desember 2014 ini segera diterapkan dan dapat diakses secara online...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP3M) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan segera menerapkan sistem pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektronik untuk memudahkan pengusaha memanfaatkan potensi daerah setempat.

"Sekarang ini telah disiapkan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE), pada Desember 2014 ini segera diterapkan dan dapat diakses secara online melalui Program National Single Window for Investment (NSWI)," kata Kepala Bidang Pelayanan Perizinan BP3M Musi Banyuasin, Didi Supardi di Sekayu, Selasa.

Menurut dia SPIPISE merupakan sistem elektronik pelayanan perizinan dan nonperizinan yang terintegrasi antara Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Kementerian/Lembaga Pemerintah Nondepartemen yang memiliki kewenangan perizinan dan nonperizinan, PDPPM dan PDKPM.

Tujuan penerapan sistem elektonik itu untuk mengatur penanam modal, penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu di bidang penanaman modal, serta instansi teknis dalam mengajukan permohonan, atau penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan, katanya.

Dengan beroperasinya SPIPISE tersbeut, dia berharap dapat mewujudkan pelayanan perizinan dan nonperizinan yang mudah, cepat, tepat, transparan, dan akuntabel serta keselarasan kebijakan dalam pelayanan penanaman modal antarsektor di pusat dan daerah.

Untuk menerapkan sistem pelayanan perizinan secara elektronik itu, pihaknya telah menyiapkan petugas yang dapat mengoperasikan peralatan teknologi informasi (IT).

"Belum lama ini, staf dari bidang pelayanan perizinan telah mengikuti pelatihan SPIPISE di Badan Koordinasi Penanaman Modal. Untuk implementasi SPIPISE nanti akan ada beberapa hak akses seperti front office, back office, kepala PTSP, dan tata usaha," ujar Didi.