BI: 82 persen devisa hasil ekspor masuk Indonesia

id devisa hasil ekspor, masuk ke indonesia, dhe sudah masuk ke indonesia

...DHE ekspor yang dari PEB atau pemberitahuan ekspor barang yang di dalam neraca perdagangan itu sudah 82 persen...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Bank Indonesia menyatakan sekitar 82 persen dari nilai devisa hasil ekspor, baik dari bank maupun ekportir, sudah masuk ke Indonesia.
       
"DHE ekspor yang dari PEB (pemberitahuan ekspor barang) yang di dalam neraca perdagangan itu sudah 82 persen," kata Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Selasa.
       
Nilai ekspor Indonesia pada Oktober 2014 mencapai 15,35 miliar dolar AS, meningkat 0,49 persen dibanding ekspor September 2014. Sementara itu, bila dibandingkan Oktober 2013 mengalami penurunan sebesar 2,21 persen.
       
Untuk pelaporan DHE sendiri, per Oktober 2014 tercatat 2.104 pelapor DHE dari Bank dan 201.332 pelapor DHE dari eksportir
  
Perry menuturkan, peningkatan nilai DHE yang masuk memang terus meningkat sejak kebijakan wajib lapor DHE diterapkan.  Namun pihaknya masih ingin terus meningkatkan lagi di beberapa sektor terutama sektor migas. BI juga akan meningkatkan koordinasi dengan Kementerian ESDM.
       
"Memang tidak semua sektor mencapai (82 persen) itu antara lain di mineral migas memang masih ada yg perlu didorong, seperti untuk migas mineral itu masih 67 persen. Yang tadi kenapa Pak Menteri ESDM itu akan rakor, itu memang ada yang harus dijalankan di Kementerian ESDM," kata Perry.
       
Ia menambahkan, semakin banyak DHE yang masuk ke dalam negeri, maka akan semakin banyak suplai valas yang tersedia di pasar keuangan sehingga juga akan makin mendukung stabilitas sistem keuangan di Tanah Air.