Konektivitas maritim dapat tingkatkan pemerataan ekonomi

id kadin, konektivitas maitim, pemerataan ekonomi daerah, ekonomi, perekonomian, nasional, daerah, kamar dagang dna industri

Konektivitas maritim dapat tingkatkan pemerataan ekonomi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Pembangunan pemerataan ekonomi daerah perlu ditunjang dengan konektivitas berbasis maritim agar tercipta pemerataan ekonomi secara nasional...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Konektivitas berbasis maritim dapat meningkatkan pemerataan ekonomi daerah, khususnya di luar Pulau Jawa, kata Wakil Ketua Umum Kadin Bibang Pemberdayaan Daerah Natsir Mansyur.
        
"Pembangunan pemerataan ekonomi daerah perlu ditunjang dengan konektivitas berbasis maritim agar tercipta pemerataan ekonomi secara nasional," katanya dalam konferensi pers Rapimnas Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di Jakarta, Senin.
        
Ia mengatakan bahwa jika program tersebut berjalan lancar, maka konektivitas untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di daerah bisa berjalan lebih cepat.
        
"Saat ini memang sudah dimulai berbagai pembangunan industri besar hulu dan hilir di sejumlah daerah, namun akan terhambat jika konektivitasnya minim," kata Natsir.
        
Sementara Wakil Ketua Umum Kadin Bidang ICT Didie Suwondo mengatakan bahwa Kadin untuk ke depannya memang akan fokus pada upaya mewujudkan sektor maritim yang menyejahterakan rakyat Indonesia.
        
"Kami saat ini melakukan konsolidasi dan mengupayakan bagaimana sektor ini benar-benar dapat menyentuh kehidupan rakyat paling bawah terutama nelayan," kata dia.
        
Didie mengatakan, topik ini menjadi salah satu yang terpenting dalam Rapimnas Kadin yang akan dilaksanakan pada 8-9 Desember 2014 dengan tema "Mengembalikan Kejayaan Ekonomi Maritim untuk Kesejahteraan Rakyat".
        
"Hasilnya akan direkomendasikan kepada pemerintah sehingga pertumbuhan Indonesia terus menuju jalan terbaik, dan langkah yang dilakukan Kadin sangat sesuai dengan moto Presiden Joko Widodo," ujarnya.