Polisi tangkap dua rekan Edi warga Palembang

id rampok, polisi tangkap dua rekan edi palembang

Polisi tangkap dua rekan Edi warga Palembang

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Polda Riau bersama Unit Jatanras Polda Metro Senin (1/12) dini hari menangkap dua rekan Edi Palembang, pelaku perampokan yang sebelumnya menembak mati anggota Polsek Senapelan, Kota Pekanbaru, Aipda Harianto Bahari.

"Tim mengintai pelaku sudah sejak lama dan akhirnya Arkadinata alias Dina alias Edi Palembang ditembak mati di Srengseng Sawah Balong, Jakarta Barat," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo Senin siang.

AKBP Guntur mengatakan, kronologi penyergapan berawal ketika pada pukul 04.00 WIB Unit Jatanras Polda Riau bersama Unit Jatanras Polda Metro telah mendeteksi keberadaan Edi Palembang di Jakarta Barat.

Sebelumnya, lanjut dia, pelaku sudah diikuti dari wilayah Solok, Sumatera Barat hingga ke Lubuk Linggau, Palembang dan Muara Bungo-Sarolangun, Jambi.

Guntur mengatakan, ketika di wilayah Jambi, anggota sempat kontak senjata dengan Edi Palembang yang akhirnya kembali melarikan diri ke Pringsewu, Lampung sebelum kemudian ke Jakarta.

"Dilaporkan, saat akan tangkap pelaku mencoba mengambil senjata api. Melihat dari pengalaman sebelumnya dimana tersangka selalu melakukan penembakan terlebih dahulu, maka dengan sangat terpaksa dilakukan penembakan terhadap tersangka yang akhirnya meninggal dunia di lokasi kejadian," katanya.

Guntur mengatakan, di lokasi kejadian anggota juga mengamankan dua orang pria sebagai rekan pelaku yakni Budi Suman alias Ujang, warga Padang dan Farhan Wijaya, warga Lampung.

"Anggota juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver serta enam butir peluru. Kemudian juga diamankan lima unit telepon genggam dan dua dompet milik masing-masing rekan Edi Palembang," katanya.