Jabar alokasikan Rp1,3 triliun untuk PON 2016

id jabar, pon jabar 2016

Bandung (ANTARA Sumsel ) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan mengalokasikan dana sebesar Rp1,3 triliun dari APBD 2015  untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX/2016 di Jabar.

"Dana tersebut, sebagiann besar untuk biaya pembangunan arena (venue) seluruh cabang olah raga yang diikutsertakan dalam PON," kata Gubernur kepada wartawan di Bandung, Jumat.

Ia menuturkan anggaran sebesar Rp500 miliar luntuk perbaikan jalan yang menghubungkan lokasi dari tempat para atlet menuju arena olah raga.

"Hampir Rp500 miliar untuk perbaikan jalan menuju venue. Jalan menghubungkan konektivitas dari Bandung tempat-tempat atlet ke venue," katanya.

Menurut dia, APBD 2015 yang paling besar belanjanya yaitu pada persiapan pelaksanaan PON 2016.

"Jadi belanja terbesar ya kelihatannya di venue PON itu," kata Gubernur.

Ia menegaskan, APBD 2015 memang lebih difokuskan untuk persiapan arena olahraga untuk pelaksanaan PON 2016, namun tetap program pembangunan lainnya berlanjut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Gubernur mengatakan tetap menekankan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, termasuk masalah ketahanan pangan, bahkan memberikan perhatian pada program seni budaya, perempuan, kepemudaan, sosial, kependudukan, pariwisata dan ketahanan keluarga.