Pejabat: Dinas segera laporan realisasi anggaran 2014

id pemprov, pemprov sumsel

Pejabat: Dinas segera laporan realisasi anggaran 2014

Laonma Tobing (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan minta kepada dinas dan badan dalam jajarannya segera melaporkan realisasi anggaran 2014.

Dengan adanya laporan serapan anggaran itu maka akan diketahui sisa dana yang kemungkinan tidak terpakai, kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Laonma PL Tobing kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Berdasarkan data yang ada beberapa waktu lalu penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau dinas 2014 masih rendah, dikarenakan beberapa faktor.

Menurut dia, hingga minggu ketiga November serapan APBD baru 80 persen dan itu disebabkan beberapa faktor, antara lain ada beberapa dinas terlambat melaksanakan proses tender sehingga realisasi anggarannya belum maksimal.

Namun, diharapkan akhir tahun semua dinas yang realisasi penyerapan anggarannya masih minim supaya diupayakan dapat mencapai target.

Ia mengatakan, rendanya realisasi anggaran tersebut akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, apalagi bila program yang dilaksanakan mengikutsertakan warga.

Namun demikian, katanya, melihat kondisi sekarang ini pihaknya optimistis penyerapan anggaran bisa mencapai 90 persen, karena ada beberapa SKPD dipastikan tidak bisa lagi mencairkan dana APBD.

Sehubungan itu pihaknya terus memaksimalkan penyerapan anggaran tersebut sehingga dapat direalisasikan, ujar dia.

Memang, pada Oktober lalu pihaknya sudah mengirimkan surat kepada dinas untuk membuat potensi anggaran kemungkinan tidak terpakai, namun hingga Kamis (27/11) hanya 10 yang menyampaikan.

Yang jelas, dengan mengetahui potensi sisa anggaran maka akan lebih mudah merencanakan kerja selanjutnya.

Oleh karena itu diharapkan hari ini semua laporan sudah masuk, sehingga perencanaan kedepan dapat dimaksimalkan, tambahnya