Jalan penghubung Kabupaten OKU - OI terancam putus

id Jalan OKU Longsor

Jalan penghubung Kabupaten OKU - OI terancam putus

Jalan di Kecamatan Peninjauan longsor (Foto: antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Jalan penghubung antara Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang berada di Desa Sukapindah Kecamatan Peninjauan terancam putus karena tinggal beberapa meter lagi dan hanya bisa dilalui kendaraan kecil.

Menurut Rudianto (40) warga desa setempat di Baturaja, Senin, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak dua tahun terakhir disebabkan terkikisnya dinding jalan oleh arus Sungai Ogan.

"Di sisi jalan tidak terdapat beronjong ataupun penahan air sehingga sedikit demi sedikit bagian jalan ambruk ke sungai. Kalau tidak segera diperbaiki atau pemindahan jalan maka terancam putus" katanya.

Padahal, jalan tersebut merupakan salah satu jalur alternatif bagi warga untuk ke Kota Palembang untuk memasarkan hasil pertanian.

"Jalan tersebut merupakan jalur penghubung antara Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kabupaten OKU. Selama ini jalan tersebut dimamfaatkan warga untuk menuju Palembang karena jika harus melalui jalan Beringin memakan waktu dan biaya" katanya.

Sementara, Camat Peninjauan Fery Iswan saat dikonfirmasi secara terpisah membenarkan jalur tersebut sering dimanfaatkan warga untuk menjual hasil pertanian seperti karet ke Palembang.

"Memang jalan ini untuk masyarakat Peninjauan merupakan sarana vital karena jalan tersebut merupakan jalur tercepat untuk sampai ke Palembang. Memang ada jalur lain tetapi harus memutar lewat Air Itam sinar Kedaton tembus ke air karas Saung Naga" jelas Fery.

Ia berharap, perbaikan jalan tersebut bisa secepatnya dilaksanakan mengingat pentingnya akses jalan tersebut untuk menunjang perekonomian masyarakat Peninjauan.

"Kalau bisa jalan tersebut cepat diperbaiki karena sangat diperlukan masyarakat," ujarnya.