Palembang waspadai 65 titik rawan banjir

id banjir, daerah rawan banjir

Palembang waspadai 65 titik rawan banjir

Kawasan perumahan warga dibantaran sungai Ogan 1 Ulu Palembang merupakan salah satu daerah rawan banjir (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas PU Bina Marga dan PSDA Kota Palembang meminta warga untuk sama-sama mewaspadai 65 titik rawan banjir di ruas jalan dan pemukiman yang langganan tergenang ketika musim hujan.

"Upaya mengantisipasi banjir telah dilakukan dengan normalisasi drainase dan kolam retensi tetapi tetap harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya genangan air," kata Kepala Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas PU BM dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak, Senin.

Menurut dia, mengantisipasi banjir dengan melibatkan komunitas tentunya telah dilakukan tetapi keterlibatan semua masyarakat sangat penting.

Apalagi, genangan air yang terjadi di kota pempek kerap juga disebabkan banjir kiriman dari kabupaten lain, tambahnya.

Ia mengatakan, curah hujan yang tinggi dan Sungai Musi dalam keadaan pasang biasanya menjadi penyebab utama banjir.

Namun, banjir juga sering diperparah air kiriman dari hulu Sungai Musi yang biasanya menyebabkan rumah-rumah terendam, katanya.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan pada sejumlah saluran air, seperti drainase di Jalan Veteran dan kawasan lain.

Upaya normalisasi drainase itu, diharapkan menjadi langkah tepat meminimalisir terjadinya genangan air, ujarnya.

Bastari menambahkan bahwa puluhan titik ruas jalan dan pemukimanan yang rawan banjir tersebut, seperti Jalan Angkatan 45, Jalan R Sukamto dan Kompleks Poligon dan kawasan Mataram Kertapati.