Polres deklarasikan mahasiswa pelopor keselamatan berlalu lintas

id unbara, mahasiswa pelopor keselamatan berlalu lintas

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Satlantas Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar seminar "safety reading" dan deklarasi 200 mahasiswa Universitas Baturaja sebagai pelopor keselamatan Lalu lintas, Jumat.

Kegiatan itu bertujuan membangkitkan kesadaran para mahasiswa dalam mematuhi peraturan berlalu lintas, kata Ketua pelaksana acara Hendra A Setiyawan di Baturaja, Jumat.

Ia mengatakan seiring dengan perkembangan zaman serta meningkatnya jumlah kendaraan bermotor diperlukan sebuah kemampuan untuk membudayakan ketertiban berlalu lintas dan kelengkapan kendaraan yang digunakan.

"Karena itu, kami bekerja sama dengan JOB Pertamina Talisman (OK) Ltd dan Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Dinas Perhubungan dan Uiversitas Baturaja (UNBARA) menggelar seminar Safety Reading," katanyal.

Menurut dia, pihaknya menginginkan agar para peserta ini mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Ia menjelaskan, seminar tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan khususnya di kalangan generasi muda.

Hal ini juga penting untuk pembentukan karakter budaya keselamatan berlalu lintas, serta mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan yang tidak memahami keselamatan berlalu lintas.

"Melalui kegiatan ini, kami harapkan dapat menciptakan kondisi menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, pelopor keselamatan bertujuan untuk menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda berperilaku tertib berlalu lintas dan bertanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan," ungkapnya.