Pemkab Muba gulirkan asuransi untuk pekerja informal

id pemkab muba, askesos, pekerja informal, gulirkan asuransi untuk pekerja informal, pemkab muba

...Askesos sebagai program substitutif bagi penurunan atau kehilangan pendapatan keluarga yang diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah mencegah terjadinya kemiskinan...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, segera menggulirkan Asuransi Kesejahteraan Sosial atau Askesos untuk pekerja informal yang tergolong sebagai warga tidak mampu.

Untuk menggulirkan Askesos itu, saat ini tengah dilakukan pendataan dan terus diupayakan kegiatan sosialisasi kepada para pekerja informal sehingga pelaksanaannya tepat sasaran, kata Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Setda Musi Banyuasin (Muba), Akmal Edy di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, Askesos adalah asuransi yang digulirkan Kementerian Sosial dan Dinsos sebagai bentuk jaminan sosial yang diberikan kepada pekerja informal kategori miskin atau warga tidak mampu.

"Askesos sebagai program substitutif bagi penurunan atau kehilangan pendapatan keluarga yang diharapkan dapat memberi jaminan baik dalam arti mencegah, mempertahankan maupun mengembangkan usaha masyarakat, yang diharapkan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sekaligus mencegah terjadinya kemiskinan," ujar Akmal.

Karena itu, menurut Akmal, Pemkab Muba mendukung program Askesos yang diharapkan dapat menaungi pekerja informal seperti pelaku usaha kecil, pedagang kaki lima, petani, nelayan dan pekerja informal lainnya serta dapat memberikan jaminan kepada mereka jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penerima bantuan program Askesos adalah warga kurang mampu secara ekonomi, untuk mencegah terjadi penyimpangan penerima bantuan itu diminta kepada Dinas Sosial Muba beserta pihak terkait bahkan kecamatan, kelurahan dan desa pendamping program keluarga harapan (PKH) untuk aktif melaporkan warga yang masuk dalam kategori pekerja informal atau calon peserta Askesos.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial Muba, Syamsuddin AG menambahkan, sekarang ini pihaknya berupaya melakukan pendataan siapa saja pekerja informal yang berhak menerima bantuan perlindungan asuransi itu.

Pendataan tersebut diharapkan dalam waktu dekat dapat diselesaikan dengan baik sehingga ketika digulirkan Askesos kepada para pekerja informal di kabupaten ini benar-benar tepat sasaran dan semua masyarakat yang berhak dapat merasakan manfaatnya dengan baik, katanya.