Pelindo Palembang terus berupaya tingkatkan pelayanan

id pt pelido, plindo, pelabihan indonesia, pelabuhan boom baru, bongkar muat, jasa kepelabuhan, tingkatkan pelayanan

Pelindo Palembang terus berupaya tingkatkan pelayanan

Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Peningkatan pelayanan itu juga dilakukan untuk melakukan ekspansi atau perluasan pelayanan jasa kepelabuhan di daerah operasional yang kini mengalami perkembangan pesat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhan yang biasa memanfaatkan Pelabuhan Booom Baru untuk mengirim dan memasukkan barang ke daerah ini.

Peningkatan pelayanan itu juga dilakukan untuk melakukan ekspansi atau perluasan pelayanan jasa kepelabuhan di daerah operasional yang kini mengalami perkembangan pesat, kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana S, Selasa.

Ia menjelaskan, pada 2013 lalu pihaknya telah membangun gudang baru dan tempat penampungan mobil atau "carport" sebagai langkah peningkatan pelayanan dan keseriusan melakukan ekspansi layanan bongkar muat yang selama ini hanya barang dalam bentuk peti kemas dan curah kini sudah bisa melayani bongkar muat mobil baru/provit.

Dengan tersedianya gudang baru dan tempat khusus yang cukup luas di area pelabuhan untuk menampung mobil provit, dan penambahan lapangan peti kemas serta beberapa peralatan modern, bisa dilakukan ekspansi pelayanan jasa kepelabuhan lainnya yang mampu mendongkrak pendapatan perusahaan, katanya.

Menurut dia, untuk mengoptimalkan bongkar muat mobil provit sebagai poduk layanan yang baru dikembangkan dalam satu tahun terakhir ini, sekarang telah dilakukan kerja sama dengan beberapa produsen mobil untuk melakukan kegiatan pendistribusian kendaraan ke wilayah Sumsel dan sekitarnya melalui angkutan laut.

Mobil provit selama ini didistribusikan dari pabrik perakitan mobil di Jakarta ke Kota Palembang melalui jalur darat dikendarai oleh sopir khusus atau dinaikkan ke atas truk dengan jumlah terbatas dan biaya yang cukup tinggi.

Dengan dialihkannya sistem pendistribusian mobil provit melalui angkutan laut, jumlah kendaraan yang dikirim ke agen penyalur/dealer di Kota Palembang dan beberapa kabupaten/kota Sumsel lainnya bisa lebih banyak dalam  waktu bersamaan dengan biayanya yang lebih efisien.

Kegiatan bongkar muat mobil provit yang telah berjalan selama ini, setiap bulannya paling tidak ada satu kapal jenis Roro yang masuk ke pelabuhan sungai Boom Baru Palembang dengan memuat sekitar 300 unit mobil jenis minibus, sedan, dan niaga atau bak terbuka, kata Fransiska.