DPRD sampaikan nama pimpinan dewan ke Mendagri

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan akan menyampaikan nama-nama calon pimpinan dewan definitif ke Menteri Dalam Negeri melalui gubernur setempat pada hari ini juga guna peresmian pengangkatannya.

"Pada hari ini, kita sampaikan nama-nama calon pimpinan dewan definitif ke Menteri Dalam Negeri melalui gubernur setempat," kata Sekretaris DPRD Sumatera Selatan, Ramadhan S Baseban di Palembang, Senin.

Menurut dia, setelah surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri keluar baru dilakukan pelantikan pimpinan DPRD Sumsel definitif tersebut.

Mengenai kapan pelaksanaan pelantikan pimpinan DPRD Sumsel definitif itu, tergantung dengan tanda tangan dari Menteri Dalam Negeri, katanya.

Ia mengatakan, setelah pelantikan pimpinan DPRD Sumsel definitif itu maka baru akan dilakukan pembentukan alat kelengkapan dewan.

Pembentukan alat kelengkapan dewan itu bisa saja dilakukan pada akhir November 2014, ujarnya.

Ia berharap, pada akhir November nanti sudah selesai semua termasuk pembentukan alat kelengkapan dewan.

Sementara Ketua DPRD Sumatera Selatan sementara, MA Gantada menuturkan, nama-nama calon pimpinan DPRD Sumsel definitif itu akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui gubernur untuk meresmikan pengangkatannya.

Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri No.161.16-3572 tahun 2014 pada 8 September 2014 tentang pengangkatan anggota DPRD Sumsel menetapkan PDI Perjuangan memperoleh kursi pertama dengan 13 kursi.

Kemudian Partai Demokrat memperoleh 11 kursi, selanjutnya Partai Golkar 10 kursi dan Partai Gerindra 10 kursi, tuturnya.

Adapun nama-nama calon pimpinan DPRD Sumsel definitif itu yakni dari PDI Perjuangan, HM Giri Ramanda N Kiemas, Partai Demokrat, Chairul S Matdiah, Partai Golkar, M Yansuri dan Partai Gerindra, Nopran Marjani.