Pengamat: respon negatif pada Puan terlalu dini

id pengamat, penilaian terhadap menteri, pouan maharani, penilaian pada puan, respon negatif pada puan, terlalu dini, dini

...Terlau dini untuk merespon negatif para menteri, baik Puan Maharani atau menteri lainnya bila didasari pada ukuran kinerjanya...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pengamat politik dari Poll Tracking Institute, Hanta Yuda menilai masih terlalu dini untuk memberi respon negatif pada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani melalui portal Kawalmenteri.org.
        
"Terlau dini untuk merespon negatif para menteri, baik Puan Maharani atau menteri lainnya bila didasari pada ukuran kinerjanya," kata Direktur Eksekutif Poll Tracking Institute, Hanta Yuda kepada Antara di Jakarta, Jumat.
        
Pernyataan tersebut disampaikan terkait banyaknya "dislike" pada profil Puan Maharani pada portal Kawalmenteri.org.
        
Kawalmenteri.org merupakan portal yang mengajak masyarakat mengawal dan mengawasi menteri-menteri pilihan Presiden Joko Widodo.
        
Pada portal tersebut masyarakat bisa aktif memberikan komentar, melabeli menteri dengan ikon "Like" dan "Dislike".
        
Menanggapi hal tersebut, Hanta Yuda menjelaskan bahwa harus ada pemisahan antara mengawal dan mengkritisi menteri terkait ukuran kinerja atau terkait rekrutmen menteri.

"Kalau soal rekrutmen menteri, pada awal terpilihnya menteri saya rasa sudah cukup banyak kritisi, dan itu sudah selesai, suka atau tidak suka, puas atau tidak puas mereka sudah terpilih dan sekarang mari kita beri kesempatan mereka menunjukkan kinerjanya," katanya.
        
Untuk mengkritisi ukuran kinerja-pun, kata dia, butuh parameter yang jelas.
        
"Contohnya apa program kementerian yang sudah berjalan, apakah memiliki manajerial skill, apakah memiliki kemampuan jalanin program, dan lain sebagainya," katanya.
        
Itu semua, kata dia, membutuhkan waktu, minimal 100 hari pertama.
        
"Minimal 100 hari pertama kita bisa melakukan evaluasi awal," katanya.