BNN Sumsel siap fasilitasi rehabilitasi pencandu narkoba

id bnn, bnn sumsel, pencandu, pencandu narkoba, narkoba, fasilitasi, rehabiliotasi, lido

BNN Sumsel siap fasilitasi rehabilitasi pencandu narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan, Bontor Hutapea. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

...Siapa pun pencandu narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) yang dengan kesadaran atau keinginan sendiri melapor dan meminta direhabilitasi akan difasilitasi ke Lido...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan siap memfasilitasi pencandu narkotika dan obat-obatan berbahaya yang ingin melepaskan diri dari belenggu barang haram itu ke pusat rehabilitasi penyalahgunaan narkoba Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

"Siapa pun pencandu narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) yang dengan kesadaran atau keinginan sendiri melapor dan meminta direhabilitasi akan difasilitasi ke Lido," kata Kepala BNNP Sumsel, Bontor Hutapea di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dalam dua tahun terakhir, lebih dari 15 orang pencandu narkoba dari daerah ini difasilitasi ke pusat rehabilitasi penyalahgunaan narkoba Lido.

Bagi masyarakat yang ingin difalitasi ke pusat rehabilitasi penyalahgunaan narkoba tersebut tidak perlu ragu dan takut untuk menghubungi petugas BNNP Sumsel. Pasalnya, jika dengan penuh kesadaran untuk melepaskan diri dari kecanduan dan pengaruh narkoba, tidak akan diproses secara hukum, katanya.

Dia menjelaskan tidak ada kata terlambat untuk berhenti mengonsumsi narkoba. Oleh karena itu, pihaknya akan membantu melakukan rehabilitasi para pencandunya.

Jika masyarakat memiliki teman atau keluarga yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan ingin melepaskan diri dari pengaruh barang haram itu, dia mempersilakan yang bersangkutan datang ke BNN provinsi setempat untuk dilakukan pembinaan serta rehabilitasi.

Sementara itu, untuk menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba, pihaknya berupaya menggandeng pihak sekolah dan perguruan tinggi dalam melakukan tindakan pencegahan serta pemberantasan peredaran narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan anak muda sekarang ini sudah tahap memprihatinkan sehingga memerlukan perhatian serius dari semua pihak guna menyelamatkan generasi penerus bangsa dari pengaruh narkotika dan obat-obatan berbahaya itu, kata Bontor.