Menag: IAIN Raden Fatah resmi jadi UIN

id menag, menteri agama Lukman Hakim Saifuddin

Menag: IAIN Raden Fatah resmi jadi UIN

Menteri Agama Lukman Hakim (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan, Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang resmi menjadi Universitas Islam Negeri setelah adanya keputusan presiden beberapa waktu lalu.

Dengan resminya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), maka kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan, kata menteri saat berbicara di hadapan dosen dan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Kamis.

Memang, lanjut menteri, pihaknya terus berupaya dalam mendukung IAIN menjadi UIN dengan mengusahakan bantun pembangunan dana dari bank pembangunan asia.

Itu sudah disetujui yang diharapkan pembangunan kampus barunya dapat dilaksanakan secepat mungkin.

Mengenai dana bantuan dari luar tersebut sekitar Rp420 miliar sama dengan UIN lainnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Aflatun Muchtar mengatakan, institut agama Islam menjadi UIN sesuai dengan Kepres pada pertengahan Oktober 2014.

Dengan telah menjadi UIN tersebut maka pihaknya akan menambah fakultas seperti kedokteran, Ilmu Politik dan Ilmu Sosial lainnya.

Mengenai pembangunan kampus sendiri, menurut dia, segera dimulai di kawasan Jakabaring Palembang yang lahannya hibah dari Pemerintah Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pembangunan kampus UIN itu memanang ditargetkan rampung 2020.

Namun, pihaknya minta kepada menteri untuk diselesaikan pada 2018 bersamaan pelaksanaan Asian Games.

Perlunya dukungan tersebut karena pembangunan kampusnya antara lain bantuan dana melalui bank luar negeri sehingga harus lancar dan itu tidak terlepas peran menteri, tambah dia.