Politisi DPRD Musirawas perkirakan Pilkada langsung

id pilkada, pilkada langsung

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Para politisi dari beberapa Partai politik di DPRD Musirawas Sumatera Selatan, sebagian besar memperkirakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tetap akan dipilih oleh rakyat atau Pilkada langsung.

Dengan demikian selama dalam pembahasan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Januari 2015 oleh DPR-RI, tidak mengganggu proses Pilkada di Kabupaten Musirawas, kata Jas Karim, anggota DPRD dari Partai PKB, Kamis.

Dalam Perppu tersebut, kata dia, sudah diatur Pilkada serentak dilaksanakan pada September 2015 dan pembahasannya akan dilakukan mulai Januari hingga Maret, sedangkan April 2015 masuk tahapan Pilkada bila jadi dilakukan langsung.

"Bila Perppu itu sudah dibahas, maka kemungkinan besar proses Pilkada kembali ke tangan rakyat, karena yang mengeluarkan Perppu tersebut mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan jelas didukung Fraksi Partai Demokrat," katanya.

Ia menilai, sambil menunggu pembahasan Perppu, maka para calon Bupati Musirawas lima tahun kedepan belum menunjukkan kekuatan yang dominan untuk merangkul calon pemilihnya.

Pada masa transisi peralihan aturan penyelenggaraan Pilkada itu hendaknya para calon bupati harus jeli membaca situasi agar tidak kalah dalam menghadapi persaingan yang ketat pada pelaksanaannya nanti, ujarnya.

Salah seorang pengamat politik Lubuklinggau-Musirawas Eka Rahman juga menilai peta kekuatan para bakal calon Bupati Musirawas yang bermunculan saat ini masih penuh keraguan dan menunggu.

Mestinya dalam transisi seperti sekarang ini roda politik tetap berjalan dengan dua arah yaitu menggalang massa dan pendekatan dengan partai politik, sehingga bila Pilkada diputuskan DPR-RI suhu politik tetap berjalan lancar.

Ia menilai, ada beberapa hal menyebabkan belum rincinya peta kekuatan para bakal calon bupati tersebut, antara lain terganjal masa transisi peralihan aturan penyelenggaraan Pilkada.

Hal itu akan berpengaruh bagi para calon terutama terkait strategi pemenangan, kesiapan logistik dan lainnya, jadi wajar banyak Balon potensial menunggu dan melihat aturan sistem Pilkada yang akan digunakan dalam pesta demokrasi 2015.

Sejumlah nama bakal calon yang beredar di media massa setempat selama ini belum mewakili perkiraan kandidat potensial, karena terfokus memperhitungkan strategi akan dilakukan.

Selain itu peta kekuatan para balon bupati juga dipengaruhi partai mana yang mengajukan, dan seberapa besar mesin partai bergerak memberikan dukungan.

Selanjutnya berapa banyak partai yang mendukung dan bakal calon yang akan maju sudah memenuhi syarat, serta daerah asal terkait basis jaringan dukungan, ujarnya.

Menurut catatan ada beberapa bakal calon Mupati Musirawas akan maju Pilkada 2015 antara lain H A Murtin, Hendra Gunawan, Zulkarnaen Hasan, Hj Ratna Machmud, Nazaruddin Hasan dan Hj Ratnawati Ibnu Amin