Pemkab Muba berhasil turunkan angka kemiskinan

id muba, angka kemiskinan, turunkan angka kemiskinan, pemkab muba

Pemkab Muba berhasil turunkan angka kemiskinan

Wabup Muba Beni Hernedi bersama sejumlah pejabat membahas masalah penurunan angka kemiskinan. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah ini dalam beberapa tahun terakhir secara bertahap berhasil menurunkan angka kemiskinan meskipun angka penurunannya masih tergolong sangat kecil...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dalam beberapa tahun terakhir berhasil menurunkan angka kemiskinan di kabupaten setempat meskipun penurunannya belum sesuai dengan target yang akan dicapai.

"Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah ini dalam beberapa tahun terakhir secara bertahap berhasil menurunkan angka kemiskinan meskipun angka penurunannya masih tergolong sangat kecil," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Selasa.

Untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar, Beni mengimbau kepada seluruh anggota tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Muba untuk lebih fokus dan bekerja lebih maksimal untuk menurunkan angka kemiskinan di Bumi Serasan Sekate ini.

"Kita masih punya waktu kurang lebih dua tahun lagi, untuk itu mari kita bekerja sama, fokus serta tingkatkan kinerja lebih maskimal lagi guna mengurangi angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Muba demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat," Ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, dapat dilihat tren positif dalam penurunan angka kemiskinan yang rata-rata mencapai satu persen setiap tahunnya.

Hal tersebut sesuai dengan data dari Bappeda dan BPS setempat yang mencatat angka kemiskinan di Kabupaten Muba pada 2013 mencapai 18.02 persen atau mengalami penurunan sebesar 0,27 persen dibandingkan dengan data yang dihimpun pada tahun sebelumnya.

Selain itu, berdasarkan data tingkat provinsi, perkembangan penurunan tingkat kemiskinan kabupaten/kota Se-Sumatera Selatan dalam lima tahun periode 2008-2013 menempatkan Kabupaten Muba diperingkat pertama dalam penurunan angka kemiskinan yang mencapai total 7.43%.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah prestasi tersendiri dan diharapkan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab Muba untuk dapat lebih meningkatkan kinerja dalam mangatasi angka kemiskinan ke depannya, kata Beni.