Dinas Kebersihan OKU 2015 targetkan Adipura

id dinas kebersihan, target piala adipura

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2015 targetkan mampu meraih Piala Adipura, dengan berupaya meningkatkan pelayanan dan memperbaiki seluruh infratruktur guna memudahkan masyarakat membuang sampah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DKK) Ogan Komering Ulu (OKU), Slamet Riyadi di dampingi Kabid Kebersihan, Satri Yasulman di Baturaja, Selasa menjelaskan bahwa pihaknya pada tahun ini telah menyebar 120 unit kotak sampah di seluruh penjuru Kota Baturaja.

Bahkan, rencananya dalam waktu dekat ada 80 unit lagi kotak sampah yang akan ditempatkan di seluruh penjuru Kota Baturaja.

Dikemukakannya, agar kotak sampah itu tidak dicuri oknum tak bertanggungjawab seperti tahun-tahun sebelumnya, pihak DKK OKU pada 2014 menyebarkan kotak sampah fiber yang dipasang dengan merekatkannya di trotoar jalan menggunakan mur beton.

"Kalau sebelumnya kotak sampah bisa diangkat dengan mudah oleh oknum tak bertanggungjawab, sebab hanya diletakkan saja di trotoar," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan seluruh SD, SMP dan SMA yang ada di OKU agar menjadwalkan kegiatan ekstrakulikuler kepada siswanya untuk mengelola sampah organik menjadi pupuk bisa dijual di pasaran.

Untuk memuluskan program ini lanjut dia, DKK OKU pada 2014 telah memberikan bantuan sebanyak 50 unit mesin komposter yang digunakan untuk mengelola sampah menjadi pupuk kompas.

"Alhamdulillah program ini mendapat sambutan positif dari Dinas Pendidikan OKU," tegasnya.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, kata Slamet, pada 2014 pihaknya juga telah menambah armada baru, yakni berupa sepeda motor pengangkut sampah.

"Saya lupa angka pastinya, namun yang terakhir ini ada tiga unit sepeda motor sampah yang kita berikan secara gratis untuk satu desa dan dua kelurahan di Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur," ujarnya.