Goa Putri Baturaja raih penghargaan Adikarya Wisata

id goa putri, goa putri baturaja

Goa Putri Baturaja raih penghargaan Adikarya Wisata

Goa putri (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Objek wisata Goa Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu berhasil meraih penghargaan Adikarya Wisata 2014 dari Dinas Budaya Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU) Aufa S Sarkomi di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa prestasi di bidang wisata diraih tersebut telah menggeser posisi Kota Pagaralam meraih penghargaan yang sama tahun 2013.

"Tahun lalu kita juara ke dua setelah Pagaralam. Sedangkan pemenang ke tiga disandang Taman Wisata Purbakala Palembang," kata Aufa dan menambahakan penghargaan ini diterima dari Dinas Budaya Pariwisata Provinsi Sumsel pada Kamis (30/10) malam.

Dikatakannya, Kabupaten OKU berhasil menjadi pememang karena sebagai indikator kemajuan industri wisata di wilayah setempat dengan jumlah pengunjung objek wisata terbanyak dibandingkan beberapa daerah di Sumsel.

"Jumlah pengunjung kawasan wisata gua putri melampaui target 6.000 orang, ternyata terealisasi mencapai 12.000 pengunjung pertahun," kata Aufa.

Selain itu, penilaian juga diambil berdasarkan pengembangan objek wisata di gua putri dari tahun ketahun, membuktikan bahwa manajemen pengolahan objek wisata gua putri sangat baik, katanya.

Ia menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah provinsi atas upaya Pemkab OKU dalam mengembangkan dan membangun destinasi wisata Goa Putri, dengan kriteria yang ditentukan pihak penyelenggara mampu dijawab dengan bukti peningkatan fasilitas, pelayanan dan pembangunannya.

Kedepan kata Aufa, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan industri wisata di Kabupaten OKU melalui kordinasi dengan para mitra kerja dan para pelaku wisata, untuk memberikan dukungan atas pengembangan dan peningkatan potensi wisata.

"Selain itu kami juga gencar melakukan promosi melalui pameran, media cetak, elektronik dan media massa lainnya sebagai bentuk promosi potensi wisata OKU," katanya.