Peringati Sumpah Pemuda mahasiswa kenakan pakaian adat

id sumpah pemuda, peringati sumpah pemuda

Peringati Sumpah Pemuda mahasiswa kenakan pakaian adat

Mahasiswa mengenakan pakaian aneka profesi dan pakaian adat pada Hari Sumpah Pemuda di Palembang, Selasa (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pada acara memperingati Sumpah Pemuda, para mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fattah Palembang, Selasa mengenakan pakaian beraneka profesi.

Pantauan Antara, pada upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut para mahasiswa berpakaian layaknya dokter, polisi, petani, guru dan beberapa profesi lainnya termasuk mengenakan pakaian adat khas Palembang.

Rombongan mahasiswa ini memulai aksi mereka dengan pawai di sepanjng Jalan Sudirman, mulai dari kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fattah hingga Taman Makam Pahlawan Palembang.

Sesampai di makam pahlawan, rombongan menggelar zikir dan Shalawat Nabi bersama.

Usai membangkitkan ruhiyah mereka, para mahasiswa yang tergabung dari beberapa Organisasi kemahsiswaan ini bergegas ke salah satu sudut kompleks pemakaman pahlawan.

Masing-masing mahasiswa mendatangi satu per satu makam sembari berdoa bersama, serta mengenang jasa para pahlawan saat berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Abdul Hasan Ashari menjelaskan acara itu merupakan rangkaian kegiatan mengingat semangat pemuda 28 Oktober 1928.

"Kami para pemuda di Kota Palembang tahu bahwa hari ini harinya pemuda," ujar Ketua Dewan Mahasiswa UIN Raden Fattah itu.

Pemuda yang biasa dipanggil Arie itu memaparkan konsep profesi yang diusung pada pawai mereka bertujuan mengingatkan pemuda akan jasa profesi di negeri ini.

"Pemuda adalah profesi yang penuh semangat dan berjasa untuk negeri," katanya.

Menurutnya, golongan pemuda tidaklah lepas dari profesi karena lewat profesi mereka berkarya.