Warga Palembang diimbau waspadai penyakit musim hujan

id waspadai penyakit musim hujan, warga palembang diminta waspadai penyakit musim hujan, musim hujan, pemkot palembang, pemkot, palembang, waspada

Warga Palembang diimbau waspadai penyakit musim hujan

Pemerintah Kota Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Berdasarkan prakiraan BMKG sekarang ini sudah mulai memasuki musim hujan, kondisi cuaca tersebut perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang bisa mengakibatkan korban jiwa...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga kota setempat agar mewaspadai serangan berbagai penyakit yang biasa timbul pada saat musim hujan.

"Berdasarkan prakiraan BMKG sekarang ini sudah mulai memasuki musim hujan, kondisi cuaca tersebut perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang bisa mengakibatkan korban jiwa," kata Kabag Humas Pemkot Palembang, Ratu Dewa, Selasa.

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada musim hujan sekarang ini seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, flu, batuk serta diare, kata dia.

Menurut dia, penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk mencegah mewabahnya penyakit tersebut, warga diminta meningkatkan kebersihan lingkungan baik di sekitar rumah, tempat bekerja dan lingkungan tempat usaha.

Kebersihan lingkungan tersebut bisa dilakukan dengan menggalakkan gerakan gotongroyong atau meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti membersihkan sampah di sekitar rumah atau tempat aktivitas lainnya dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Membuang sampah sembarangan pada musim hujan sekarang ini bukan hanya bisa menjadi sarang penyakit tetapi juga dapat mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol.

Kesadaran warga kota ini untuk hidup bersih dan sehat sudah cukup tinggi terbukti Palembang telah beberapa kali menerima Piala Adipura dan Adipura Kencana pada 2014, meskipun demikian kesadaran tersebut perlu terus ditumbuhkan sehingga ke depan menjadi lebih baik, ujarnya.