Dedi Petet harapkan Sumsel ikut pameran internasional

id dedi petet, sumsel ikut pameran internasional

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Koperasi Pelestari Budaya Nusantara Didi Petet Widiatmoko mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan diharapkan ikut dan meramaikan pameran budaya internasional di Milano Italia, awal Mei hingga akhir Oktober 2015.

Harapan keikutsertaan Sumsel dalam pameran budaya itu, karena daerah ini kaya akan kebudayaan, kata Didi Petet usai diterima Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Dikatakannya, pameran budaya yang diberi nama "Wold Expo Milano" itu juga untuk membangkitkan gairah budaya dan pariwisata termasuk Sumsel agar semakin dikenal wisatawan asing.

Pameran itu juga akan lebih menonjolkan kebudayaan seluruh negara peserta di bidang ketahanan pangan dan energi, meski akan ada ditampilkan kebudayaan lainnya.

Pameran budaya internasional itu dilaksanakan lima tahun sekali dimana sebelumnya Shanghai sebagai tuan rumah, kata dia.

Namun untuk mengikuti pameran tersebut memerlukan biaya lebih besar, kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyambut baik atas dilaksanakan pameran internasional tersebut, karena sekaligus akan mendukung sektor pariwisata.

Memang, lanjut dia, anggaran untuk 2015 sudah rampung tetapi tidak menutup kemungkinan Sumsel bisa ikut dalam pameran tersebut.

Sumsel provinsi tercepat dalam menyusun APBD 2015 dan saat ini sudah rampung, kata dia.

Mudah-mudahan Sumsel bisa ikut dalam pameran internasional tersebut karena potensi yang akan ditampilkan cukup banyak.

Bila Sumsel ikut maka pihaknya akan memamerkan antara lain hasil kerajinan songket dan kesenian tari Gending Sriwijaya dalam pameran budaya di Italia mendatang, katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Farhat Syukri mengatakan, keikutsertaan daerah ini dalam pameran internasional nanti belum bisa dipastikan, walaupun dinilai sangat penting yakni promosi wisata.

Memang gubernur sangat tertarik untuk ikut pameran budaya tersebut, namun anggarannya cukup besar, tambah dia.