DPRD Sumsel kunjungan kerja ke Bali

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Bali setelah sebelumnya ke Yogyakarta dan DKI Jakarta untuk membahas kode etik dewan periode 2014-2019.

"Sekarang ini kami melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Bali terkait dengan pembahasan kode etik dewan," kata Anggota DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi ketika dihubungi di Palembang, Senin.

Menurut dia, mereka melakukan kunjungan ke daerah yang sudah membuat kode etik dewan, karena saat ini sedang membahasnya.

Ia mengatakan, dalam rangka membahas kode etik, mereka melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri dan studi komparatif ke daerah yang telah membuat kode etik dewan.

"Jadi, kita juga ke DKI Jakarta dan Yogyakarta kemudian terakhir ke DPRD Bali, terkait dengan pembahasan kode etik dewan tersebut," katanya.

Ia menuturkan, hasil dari pertemuan dengan DPRD Bali ternyata hampir sama dengan Sumsel.

"Hasilnya hampir sama dengan kita, tetapi di DPRD Bali sekitar 60 persen lebih anggota dewan terpilih kembali, sehingga masih banyak menggunakan kode etik yang lama," ujarnya.

Artinya, banyak mengakomodir yang lama, hanya saja disesuaikan dengan kondisi sekarang ini, tutur wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, nanti dari semua hasil kunjungan itu akan digabung dan dilihat pasal per pasal, bab per bab untuk diambil mana yang terbaik guna ditetapkan menjadi kode etik dewan periode 2014-2019.

"Yang jelas, hasil pembahasan kode etik itu akan dilaporkan pada rapat paripurna DPRD Sumsel pada 30 Oktober nanti," katanya.