Dinkes Muba gelar lomba perilaku hidup bersih

id phbs, perilaku hidup bersih dan sehat, lomba phbs, lomba perilaku hidup bersih, hidup bersih

Dinkes Muba gelar lomba perilaku hidup bersih

Tim penilai lomba PHBS 2014 memberikan pengarahan kepada masyarakat. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Masyarakat desa harus menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar lomba perilaku hidup bersih dan sehat tingkat kabupaten 2014 untuk mengajarkan kebiasaan hidup sehat kepada masyarakat setempat.

Dalam lomba tersebut, diimbau kepada masyarakat yang tinggal di desa binaan yang disiapkan untuk dinilai agar melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari sesuai dengan indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kata Ketua Tim Penilai Lomba PHBS, Candra di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, beberapa desa yang telah dilakukan penilaian seperti Desa Sungai Batang, Kecamatan Sekayu, serta Desa Air Putih Ulu, Kecamatan Plakat Tinggi yang berada dalam pembinaan Puskesmas Cinta Karya.

Dalam lomba tersebut ada 10 indikator PHBS di tatanan rumah tangga yang menjadi penilaian yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan,memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan air bersih.

Kemudian masyarakat desa harus menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Indikator PHBS itu akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh dan dijadikan penilaian tersendiri oleh tim untuk menentukan desa mana yang mendapatkan poin tertinggi sebagai juara lomba tersebut, katanya.

Menurut dia, PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat serta merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan.

Melalui lomba tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar hidup bersih dan sehat termasuk swasta dan dunia usaha berperan serta aktif mewujudkan derajat kesehatan yang optimal, kata Candra.