Pengamat: semua daerah inginkan terwakili di kabinet

id inginkan terwakili di kebiniet, kabinet indonesia hebat, semua daerah di indonesia ingin terwakili di kabinet, kabinet

Pengamat: semua daerah inginkan terwakili di kabinet

Ilustrasi - Pelantikan menteri kabinet (FOTO ANTARA)

...Untuk itu Presiden Jokowi dalam mengumumkan pembantunya mampu mewakili beragam etnis dan budaya di Nusantara...
Denpasar (ANTARA Sumsel) - Pengamat masalah sosial dan agama Dr I Ketut Sumadi mengatakan hampir semua daerah di Indonesia menginginkan ada salah seorang putra terbaiknya mewakili daerahnya dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.
        
"Untuk itu Presiden Jokowi dalam mengumumkan pembantunya mampu mewakili beragam etnis dan budaya di Nusantara," kata Direktur Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Institut Hindu Dharma Indonesia Negeri (IHDN) Denpasar, Minggu.
        
Ia mengatakan putra terbaik yang duduk dalam jajaran kabinet Presiden dan wakil Presiden Jokowi-JK yang mewakili beragam etnis dan budaya di Indonesia itu akan mampu memberikan rasa aman dan nyaman di kedua belah pihak.
        
"Kenyamanan tersebut baik menyangkut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban maupun kenyamanan dalam masyarakat daerah yang diwakilinya, sehingga menjadi modal dasar untuk melaksanakan tugas-tugas negara lima tahun ke depan," ujar Sumadi.
        
Demikian pula Bali yang memiliki sumber daya manusia andal tetap diberikan kepercayaan kepada salah seorang putranya terbaiknya menjadi "pembantu" presiden.
        
Selama ini tercatat empat putra Bali pernah dipercaya sebagai menteri, mulai dari IB Sujana (almarhum) sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada zaman pemerintah Soeharto, menyusul Ida Bagus Oka (alm) sebagai Menteri KB dan Kependudukan pada era Orde Baru.
        
Selain itu, Drs I Gede Ardika sebagai Menteri Pariwisata pada zaman pemerintahan Presiden Megawati dan Jero Wacik sebagai Menteri Pariwisata dan Menteri ESDM pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
        
Sumadi menambahkan putra-putra terbaik Bali dari kalangan profesional dinilai mempunyai kemampuan sebagai "pembantu" Presiden tidak hanya terbatas  bidang pariwisata, namun juga menguasai bidang lainnya.
        
Bali selain dikenal sebagai daerah tujuan wisata internasional, juga sukses mengelola bidang pertanian dengan sistem subak, organisasi pengairan tradisional bidang pertanian yang selama ini dinilai terbaik di antara sistem pertanian yang ada di Indonesia  maupun mancanegara.
        
"Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Presiden Jokowi memilih putra terbaik Bali dari kalangan profesional menjadi Menteri Pertanian," ujar Ketut Sumadi.