Wakil Wali Kota: jangan tutup drainase di Palembang

id harnojoyo, wakil wali kota

Wakil Wali Kota: jangan tutup drainase di Palembang

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan, Harnojoyo mengingatkan pemilik bangunan jangan sampai menutup drainase atau saluran air di depan toko, kantor dan gedung lainnya secara permanen.

"Kami ingatkan agar tidak ada yang menutup saluran air secara permanen karena tindakan tersebut akan berpengaruh pada sulitnya menangani genanganan air," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, di sela-sela peninjauan perbaikan drainase di kawasan Jalan Veteran, Rabu.

Menurut dia, Dinas PU Bina Marga dan PSDA setempat sedang memperbaiki sejumlah saluran air.

Perbaikan tersebut ditargetkan mampu mengalirkan air secara lancar saat musim hujan, tambahnya.

Ia mengatakan, dengan tidak menutup saluran air secara permanen akan memudahkan mengatasi genangan air akibat tersumbatnya drainase.

Karena itu, tidak ada alasan bagi siapapun yang menutup saluran air secara permanen, katanya.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Palembang Darma Budhy menjelaskan, perbaikan drainase dengan anggaran sebesar Rp40 miliar meliputi sejumlah jalan utama, seperti Jalan Kolonel Atmo sepanjang 400 meter dan Jalan Veteran sepanjang 800 meter.

Selanjutnya di Jalan Taman Siswa dan Lapangan Hatta sepanjang 500 meter, ujarnya.

Dia menambahkan, perbaikan drainase tersebut ditargetkan selesai Desember 2014.

Selain itu, pihaknya juga melakukan normalisasi sejumlah kolam retensi untuk mengoptimalkan penampungan air pada saat musim penghujan tiba, tambahnya.