Polisi siap amankan Asian Mountain Bike di Lubuklinggau

id polres, amaknkan, kegiatan interansional amb, asian moutain bike, gunung, lomba sepeda gunung

Polisi siap amankan Asian Mountain Bike di Lubuklinggau

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Setiap satu tim personel Polres Lubuklinggau akan mengawal satu negara dan ke mana saja mereka beraktivitas akan dilakukan pengawalan termasuk pengawalan lalu lintas...
Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Polres Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menyiagakan 200-an personel untuk mengamankan pelaksanaan Asian Mountain Bike (AMB) yang digelar di kawasan Bukit Sulap kota setempat  pada 1-2 November 2014.

Personel sebanyak itu juga akan diperkuat oleh anggota Brimob dan TNI serta instansi terkait, sehingga pelaksanaannya betul-betul berjalan aman dan lancar, kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Christian Lumban Gaol, Rabu.

Ia mengatakan pesonel sebanyak itu nantinya akan ditempatkan di berbagai tempat antara lain mulai pengamanan kegiatan, lokasi kegiatan dan pengunjung hingga mengawal peserta dari belasan negara Asia itu masuk ke penginapan masing-masing.

Setiap satu tim personel Polres Lubuklinggau akan mengawal satu negara dan ke mana saja mereka beraktivitas akan dilakukan pengawalan termasuk pengawalan lalu lintas.

"Kita sudah menyiapkan setiap tim yang bergerak dikawal oleh satu orang berseragam dan satu orang tidak berseragam," katanya.

Sementara dari Pemerintah Kota Lubuklinggau juga ada interpreter yang dimaksudkan jika terjadi apa-apa, mereka bisa langsung berdialog, jadi setiap peserta dikawal dua polisi dan satu petugas Pemkot Lubuklinggau.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan internasional itu, ia mengharapkan seluruh masyarakat Lubuklinggau agar selama pelaksanaan kegiatan AMB agar dapat menjaga diri dan bersama-sama menjaga keamanan.

"Dalam rangka kegiatan visit Lubuklinggau 2015 dan AMB 2014, dengan pengamanan dan pelayanan maksimal, tamu asing yang berkunjung ke Lubuklinggau merasa aman dan nyaman melakuakn berbagai aktivitas," ujarnya.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengharapkan warganya ikut menjaga keamanan di sekitar kawasan Bukit Sulap tempat pusat kegiatan sehingga event berskala internasional pada November 2014 berjalan lancar.

Kegiatan internasional itu adalah lomba sepeda gunung tingkat Asian (Asian Mountain Bike-AMB) yang akan diikuti belasan negara, dengan demikian tingkat keamanan di wilayah itu harus jerjamin sehingga peserta tidak menjadi sasaran penjahat.

Ia mengatakan selama ini kawasan obyek wisata Bukit Sulap itu sudah ada pengamanan, tapi sialnya ada salah seorang warga asing menjadi percobaan perampokan beberapa waktu lalu, sehingga barang miliknya hilang dan terluka bagian paha akibat ditembak penjahat.

Peristiwa tersebut hendaknya jangan sampai terulang dan betul-betul aman bila ada pengunjung ke kawasan tersebut , apa lagi momen acara tingkat Internasional akan digelar di kawasan Bukit Sulap tersebut diikuti belasan negara.

"Saya akan koordinasi dengan Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Cristian Lumban Gaol masalah peningkatan keamanan di wilayah Bukit Sulap dan obyek wisata lainnya di wilayah itu, jangan sampai tamu-tamu dari negara asing nantinya menjadi mangsa penjahat," tandasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lubuklinggau, Yana Pardianan mengatakan pihaknya dalam menyambut event AMB akan bentuk kelompok sadar wisata yang bertugas sebagai pemandu wisata, dengan tenaga paling sedikit 20 orang yang akan membantu peserta ke atas lokasi lomba yakni di Bukit Sulap tersebut.

Sedangkan untuk keamanan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Lubuklinggau dan Polres Lubuklinggau guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung ataupun peserta karena event tersebut cukup bergengsi, ujarnya.