Dinsos Sumsel siapkan bantuan hadapi musim hujan

id dinsos sumsel, dinsos, bantuan, musim hujan, hadapi bencana musim hujan, siapkan bantuan

Dinsos Sumsel siapkan bantuan hadapi musim hujan

Kadinsos Sumsel Apriyadi memberikan pengarahan kepada Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos Sumsel M.S Sumarwan. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Menghadapi peralihan musim yang bisa terjadi bencana banjir dan tanah longsor, sekarang disiapkan bahan makanan untuk orang dewasa dan anak-anak...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan bantuan untuk masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana menghadapi musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

"Menghadapi peralihan musim yang bisa terjadi bencana banjir dan tanah longsor, sekarang disiapkan bahan makanan untuk orang dewasa dan anak-anak, selimut, tenda penampungan sementara, dan peralatan evakuasi," kata Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumatera Selatan, M.S Sumarwan di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, pada musim hujan yang diprediksi hingga April 2015, wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana pada musim hujan tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan sehingga jika terjadi bencana para korban dapat segera dibantu, katanya.

Menurutnya, bantuan untuk para korban bencana tersebut sekarang ini disimpan di gudang bantuan bencana Dinas Sosial Sumsel dan gudang milik Bulog.

"Sebagai gambaran sekarang ini tersedia bantuan beras untuk kejadian bencana luar biasa sebanyak 200 ton di tingkat provinsi, dan 100 ton di tingkat kabupaten dan kota, sedangkan stok untuk bantuan reguler terdapat lima ton beras per kabupaten dan kota," ujarnya.

Bantuan tersebut sewaktu-waktu siap didistribusikan oleh petugas Dinas Sosial dan sukarelawan taruna siaga bencana (Tagana) kepada masyarakat di kabupaten dan kota yang mengalami bencana.

Melalui berbagai persiapan tersebut diharapkan jika terjadi bencana dampak musim hujan di provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini, dapat segera ditanggulangi sehingga bisa dihindari timbulnya permasalahan sosial di lokasi yang mengalami bencana, kata Sumarwan.