Pembangunan pabrik baru PT Semen Baturaja bertahap

id pembangunan pabrik baru, pabrik baru pt semen baturaja, pt semen baturaja tingkatkan produksi, peningkatan kapsitas produksi

Pembangunan pabrik baru PT Semen Baturaja bertahap

Kepala Humas PT Semen Baturaja Sahadi. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Karena ada beberapa perizinan yang hingga kini prosesnya belum tuntas, dari tiga pabrik baru yang direncanakan, hanya satu pabrik yang bisa direalisaksikan pembangunannya pada akhir 2014 atau awal 2015...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan tiga pabrik baru PT Semen Baturaja yang berkantor pusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan itu dilakukan secara bertahap karena proses untuk membangun pabrik baru membutuhkan sejumlah perizinan dan dukungan masyarakat sekitar.

"Secara umum pembangunan pabrik baru siap dimulai, namun karena ada beberapa perizinan yang hingga kini prosesnya belum tuntas, dari tiga pabrik baru yang direncanakan kemungkinan pembangunan satu pabrik yang bisa direalisaksikan pada akhir 2014 atau awal 2015," kata Kepala Bagian Humas PT Semen Baturaja, Sahadi di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan, pabrik baru yang sedang dipersiapkan untuk segera diwujudkan pembangunannya yakni pabrik semen Baturaja II yang berlokasi di area pabrik utama di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sedangkan pabrik di Muaradua, Kabupaten OKU Selatan, dan pabrik di luar Provinsi Sumsel yakni pabrik semen di Jambi belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini karena masih dalam pengurusan perizinannya.

Satu pabrik baru yang segera direalisasikan pembangunannya memiliki kapasitas produksi 1,5 juta ton semen per tahun dengan target pembangunannya pada 2016 sudah selesai dan mulai berproduksi memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap salah satu bahan bangunan itu, katanya.

Menurut dia, Badan Usaha Milik Negara ini terus berupaya meningkatkan produksi semen untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat terhadap salah satu bahan bangunan itu.

Guna meningkatkan produksi semen tersebut, selain mengupayakan pembangunan beberapa pabrik baru, pihaknya telah mengembangkan kapasitas produksi dua pabrik yang ada di wilayah Sumsel yakni di Baturaja, Kabupaten OKU dan Palembang, serta satu pabrik di Panjang, Lampung.

Kapasitas produksi terpasang pabrik secara bertahap ditingkatkan dari 1,2 juta ton semen per tahun, kini terhitung sejak Mei 2014 menjadi dua juta ton per tahun.

Dengan segera dimulainya pembangunan satu pabrik baru, ditargetkan pada 2016 PT Semen Baturaja mampu memproduksi semen hingga 3,5 juta ton sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumsel dan beberapa provinsi terdekat lainnya yang selama ini sering tidak dapat dipenuhi secara maksimal, ujar Sahadi.