Sembilan sekolah dapat penghargaan Adiwiyata

id harnojoyo, wakil wali kota

Sembilan sekolah dapat penghargaan Adiwiyata

Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak sembilan sekolah di Kota Palembang meraih piagam Adiwiyata, penghargaan bidang kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang disampaikan wakil wali kota setempat kepada masing-masing sekolah.

"Kami sangat bangga sembilan sekolah berhasil mendapat penghargaan tertinggi bidang kebersihan di lingkungan sekolah dan diharapkan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lain," kata Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa.

Menurut dia, sembilan sekolah tersebut adalah SD Negeri 179, SD Negeri 33, MTs Negeri 2, SMP Negeri 4, SMP Negeri 8, SMA Negeri 6, MAN 3, SMP N 9, dan SMP Pusri Palembang.

Kesembilan sekolah tersebut membuktikan kalau berhasil berprestasi tingkat nasional, karena telah menumbuhkan budaya menjaga kebersihan dan mengelola lingkungan, tambahnya.

Piagam Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, serta pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah, katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga terus mendorong sekolah-sekolah lain untuk turut berkompetisi dalam menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat.

Karena keterlibatan semua masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menjadi bagian sangat penting, katanya.

Sementara Kepala BLH Palembang Tabrani menjelaskan, membangun kesadaran lingkungan yang berkelanjutan menjadi bagian penting dalam mendidik siswa/siswi.

Hal itu, sangat erat kaitannya dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kota Palembang yang dimulai sejak usia sekolah, ujarnya.

Dia menambahkan, sembilan sekolah tersebut patut menjadi contoh lembaga pendidikan lain.

Menularkan, keberhasilan menjadi sekolah berbudaya bersih tentulah sangat penting untuk diperluas, tambahnya.