Lima daerah Sumsel berpeluang hujan ringan

id hujan, prediksi hujan, memasuki musim hujan, lima daerah berpotensi hujan ringan, intensitas hujan ringan

Lima daerah Sumsel berpeluang hujan ringan

Ilustrasi - Suasana jalan di simpang lima gedung DPRD Sumsel, kawasan Jalan Kapten A.Rivai Palembang selalu "banjir" setiap turun hujan lebat. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Berdasarkan pengamatan melalui satelit, kondisi cuaca di lima daerah berpeluang turun hujan ringan, sedangkan 12 kota lainnya diprakirakan berawan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan lima daerah dari 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan berpeluang turun hujan ringan.

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit, kondisi cuaca di lima daerah berpeluang turun hujan ringan, sedangkan 12 kota lainnya diprakirakan berawan," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Senin.

Menurut dia, kelima daerah yang diprakirakan hujan ringan, yakni Palembang, Musirawas, Musirawas Utara, Lubuklinggau, dan Tebingtinggi.

Sementara itu, 12 daerah lainnya yang kondisi cuacanya berawan, yakni Baturaja, Kayu Agung, Muara Enim, Empat Lawang, Lahat, Sekayu, Pangkalanbalai, Martapura, Muaradua, Indralaya, Prabumulih, dan Pagaralam.

Kota yang diprakirakan hujan ringan memiliki suhu udara berkisar 24-33 derajat Celsius, kelembapan udaranya berkisar 52-96 persen, kecepatan angin sekitar 25 km/jam dengan arah angin daerah tersebut seluruhnya menuju tenggara.

Kota yang diprakirakan berawan memiliki suhu udara berkisar 23-34 derajat Celsius, kelembapan udaranya berkisar 50-95 persen, kecepatan angin sekitar 25 km/jam dengan arah angin daerah ini menuju tenggara.

Kondisi cuaca di wilayah Sumsel pada bulan Oktober 2014 diprakirakan memasuki musim pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Dalam kondisi cuaca mulai memasuki musim hujan, kata Indra, masyarakat yang selama ini mengalami kekeringan dan bencana kabut asap, diimbau perlu mewaspadai terjadinya banjir dan tanah longsor serta dampak negatif musim hujan lainnya.